Ganjar Pranowo Optimis Mampu Tarik Suara Para Gen Z di Pilpres 2024

Oleh : Bagas Prabaswara Baureksa 

Editor:  Ida Bastian

Portalindonews,com – Ganjar Pranowo memiliki keyakinan yang kuat dan juga optimisme yang sangatlah tinggi bahwa dirinya mampu untuk terus menggaet suara dari para Gen Z, khususnya dalam pelaksanaan Pilpres pada tahun 2024 mendatang. Karena dia telah sangat optimal melakukan berbagai macam langkah strategis untuk semakin menarik minat dari para pemuda itu.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa suara dari para generasi muda, milenial dan juga para Gen Z memang merupakan suara yang sangat diperhitungkan, khususnya dalam pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik, terlebih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Bagaimana tidak, pasalnya memang pemilih dari 2 (dua) generasi ini, yakni para milenial dan juga Gen Z memang memiliki keunikannya yang sangat tersendiri, sehingga memang sangat perlu adanya sebuah pendekatan khusus untuk bisa terus menggaet suara dari mereka dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Terdapat sebuah data yang menunjukkan bahwa memang kekuatan suara yang dimiliki oleh para generasi milenial dan juga Gen Z sangatlah patut untuk bisa terus diperhitungkan. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan pada tingkat nasional saja, kedua generasi itu telah tercatat bahwa ada sebanyak 53% (persen) suara, kemudian di Provinsi Bali saja mereka sudah memiliki kekuatan hingga sebanyak 44% (persen) suara.

Untuk itu, dari bagaimana banyaknya potensi kepemilikan kekuatan suara yang dimiliki oleh para generasi milenial dan Gen Z, jelas saja bahwa kedua generasi itu sama sekali tidak bisa diremehkan untuk bisa terus mendulang elektabilitas, khususnya jika memang ingin memenangkan pertarungan dalam Pilpres 2024.

Kemudian, khusus bagi para generasi milenial dan Gen Z yang berada di Bali sendiri, mereka terkenal banyak menggeluti beberapa bidang seperti pada bidang musik, olahraga, budaya kreatif hingga menekuni pada dunia digital. Sehingga memang harus terdapat sebuah strategi pendekatan dan cara khusus tersendiri untuk bisa terus menarik di mata mereka.

Beberapa cara yang sangat optimal telah dilakukan oleh Ganjar Pranowo sendiri adalah dengan terus mendengarkan berbagai macam ide dan gagasan ataupun aspirasi yang dimiliki oleh kedua generasi tersebut. Termasuk pula, mereka merupakan generasi muda penerus bangsa yang ternyata sangat suka untuk diajak bekerja sama dengan berdiskusi dan berdialog, terlebih mengenai sejarah dan kondisi bangsa Indonesia terkini.

Maka dari itu, mengetahui bagaimana karakteristik dan kesukaan yang dimiliki oleh para generasi milenial dan para Gen Z sendiri, sehingga capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu terus berupaya untuk memberkan yang terbaik agar strategi pendekatan yang dia lakukan berhasil menarik hati para pemuda.

Dalam artian, kalau para pemimpin masa depan bangsa mampu menjalin komunikasi yang baik, termasuk dengan menggunakan bahasa-bahasa yang enak dan mudah dimengerti oleh para pemuda, ditambah juga terus mampu banyak mendengarkan apa saja yang ada dalam pikiran mereka, tentunya akan menjadi sangat menarik bagi mereka.

Dengan melakukan cara demikian, maka para calon pemimpin negeri ini di masa yang akan datang akan bisa mengetahui dan memahami bagaimana dasar menentukan pilihan yang dimiliki oleh para generasi milenial dan Gen Z, yang mana juga secara tidak langsung akan membuat mereka merasa bahwa kedua generasi itu ternyata memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa berkontribusi secara nyata dalam suatu keputusan besar dalam pergulatan politik di Tanah Air.

Berbagai langkah yang sudah sangat optimal tersebut dilakukan, kemudian membuat Ganjar Pranowo sendiri semakin hari kian optimis bahwa dirinya memang akan bisa memenangkan pertarungan dalam Pilpres 2024. Selain memang pendukungnya yang terus bertambah pesat, khususnya di kalangan para pemuda sendiri, namun dirinya juga merupakan sosok calon pemimpin masa depan bangsa yang sangat yakin dengan berbagai macam program yang dimilikinya.

Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putihnya itu memang semakin hari kian getol untuk terus menyuarakan banyak program yang dia miliki kepada masyarakat. Dirinya juga sangat penuh akan optimisme bahwa Indonesia akan berhasil besar dalam menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

Hal tersebut dikarenakan sejauh ini, Tanah Air sendiri memang memilki banyak sekali keberlimpahanan sumber daya alam (SDA) dan juga melimpahnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berkarakter kuat hingga memiliki daya inovasi yang sangat tinggi, khususnya ditunjang dari bagaimana peranan para generasi milenial dan Gen Z.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan perbedaan karakter yang dimiliki oleh para generasi muda, generasi milenial dan juga Gen Z tersebut, sehingga mereka sangat patut untuk terus didengarkan aspirasinya. Telah banyak langkah strategis yang snagat optimal sudah dilakukan oleh Ganjar Pranowo sehingga dirinya dipenuhi dengan optimisme untuk bisa terus menggaet banyak suara hingga sukses besar dalam Pilpres 2024 mendatang.

Penulis adalah kontributor Jendela Baca Institute

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Jaga Keamanan Dan Kenyamanan, Satgas Yonif 122/TS Laksanakan Sweeping di Jalur Lintas Jayapura-Wamena

PORTALINDONEWS.COM, Kabupaten Keerom – Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS Pos KM76 melaksanakan kegiatan pemeriksaan …