Ciptakan Lingkungan Sehat, Kodim Biak Numfor Dan Trash Hero Biak Gelar Grebek Sampah Di Kampung Inggiri

PORTALINDONEWS.COM | Biak – Kodim 1708/BN bekerja sama dengan Komunitas Trash Hero Biak dan masyarakat Kampung Inggiri melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan atau Grebek Sampah di Kampung Inggiri, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Minggu (14/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan dampak negatif sampah terhadap ekosistem alam dan laut.

Ketua Komunitas Trash Hero Biak Jack Rumbekwan, membuka kegiatan dengan sosialisasi kepada warga Kampung Inggiri mengenai pengelolaan sampah dan bahaya sampah bagi lingkungan.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan dampak buruk sampah terhadap ekosistem, khususnya ekosistem laut yang rentan terhadap pencemaran.

Setelah sosialisasi, anggota Kodim 1708/BN bersama masyarakat Kampung Inggiri mulai bergerak menyisir setiap sudut kampung untuk mengutip sampah-sampah yang berserakan, baik sampah organik maupun non-organik.

Kegiatan ini dilakukan dengan semangat gotong-royong yang tinggi, menunjukkan kebersamaan antara TNI dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Wadanramil 1708-01/Biak Kota, Letda Inf Matius Laduk Salurapa, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, dengan membersihkan sampah bersama-sama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat,“ katanya.

Kegiatan ini bukan hanya sebuah gerakan sementara, tetapi harus menjadi bagian dari perilaku sehari-hari kita,” tambah Letda Inf Salurapa.

Jangan sampai kegiatan ini hanya semata-mata sebuah gerakan, tapi bagaimana hal ini dapat menjadi perilaku kita sehari-hari,“ ujar Letda Inf Salurapa.

Melalui kegiatan bersama ini, diharapkan kesadaran masyarakat di sekitar Kampung Inggiri dalam menjaga lingkungan hidup dan tertib membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Biak, guna terciptanya lingkungan hidup yang bersih dan nyaman untuk dirasakan bersama,” pungkasnya.

Kepala Kampung Inggiri, Bapak Derek Somnof, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada anggota Kodim 1708/BN dan Komunitas Trash Hero Biak yang telah peduli terhadap kebersihan kampung mereka.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan kami sangat berterima kasih kepada anggota Kodim 1708/BN yang sudah peduli akan kebersihan kampung kami. Semoga kerjasama ini kita bangun dan bina ke depan, tidak terputus hari ini tapi akan berkelanjutan di hari-hari berikutnya,” tutupnya.

About Portalindonews

Check Also

Berkunjung ke Istana Negara, Paus Puji Komitmen Indonesia Jaga Persatuan Ditengah Keberagaman

Portalindonews.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kunjungan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, …