Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Semarakkan Perayaan HUT RI di Toba

Portalindonews.com – BALIGE. Meskipun disiram hujan gerimis Kota Balige, Forkopimda(forum komunikasi pimpinan daerah -red) Kabupaten Toba tampak semangat dan antusias membagikan bendera bagi masyarakat dan para pengendara yang melintasi pusat kota Balige.

Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia , Forkopimda Kabupaten Toba menggelar Gerakan Pembagian 10 juta Bendera di Bundaran D.I Pandjaitan, Balige, Kabupaten Toba pada Kamis (10/8/2023) sore.

Dalam laporannya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Toba, Josib Broztito Sianipar selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa gerakan pembagian 10 juta bendera dilakukan karena bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Republik Indonesia. Gerakan ini juga bertujuan mendukung gerakan nasional, meningkatkan rasa nasionalisme, dan menyemarakkan HUT RI di Kabupaten Toba.

Sebelum membagikan bendera , para pengendara dan masyarakat, Bupati Toba, Poltak Sitorus mengatakan bahwa Gerakan Membagikan 10 juta bendera adalah untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Poltak Sitorus juga mengatakan, agar warga mengingat kembali perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dengan mempertaruhkan darah dan nyawa.

“Sekarang kita sudah mendapatkan kemerdekaan. Maka saat ini kita harus isi kemerdekaan ini agar kita merdeka dari kebodohan, merdeka dari kemiskinan,” ujarnya di tengah gerimis di pusat Kota Balige.

Usai menyampaikan sambutan, para Forkopimda Kabupaten Toba bersama PKK membagikan bendera merah putih kepada para pengendara yang melintas, dan kepada masyarakat sekitar. Tidak hanya bendera kendaraan yang berukuran kecil, namun bendera berukuran besar juga dibagikan kepada warga.

Menyemarakkan HUT RI ke-78 tahun, Forkopimda juga melaksanakan bakti sosial dengan memberikan tali asih kepada para pengidap HIV/AIDS yang dipusatkan di RS HKBP Balige. Selain itu, Forkopimda juga memberikan bantuan berupa sembako ke Panti Karya Hephata yang ada di Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti. Di panti karya Hephata,unsur Forkpimda diikuti oleh Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal S.Hub.Int.

M Sormin.

About Portalindonews

Check Also

Dukung Usaha Warganya, Babinsa Dawai Bantu Olah Minyak Kelapa

PORTALINDONEWS.COM, Yapen ~ Babinsa Koramil 1709-2/Dawai Kodim 1709/Yawa Serka Jon Riyoni membantu warga Binan Jemaat …