Grebek Sampah Aksi Clean Up dan Education, Kodim 1708/BN Bersama Komunitas Trash Hero Bersihkan Pantai Kampung Inofi

PORTALINDONEWS.COM | Biak Timur – Aksi Clean Up dan Education ke 100, bersama Kodim 1708/BN, Komunitas Trash Hero Biak, dan lintas komunitas peduli lingkungan, kini menyasar di Pantai Kampung Inofi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Minggu (16/6/2024).

 

Acara ini tidak hanya fokus pada kegiatan bersih-bersih pantai, tetapi juga memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat setempat.

Ketua Komunitas Trash Hero, Bapak Jack Rumbekwan, memaparkan berbagai materi penting selama acara tersebut. Ia menyoroti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, bahaya sampah plastik, cara pengolahan sampah yang benar, serta dampak buruk sampah plastik terhadap ekosistem laut.

“Edukasi ini sangat penting agar masyarakat tidak hanya berpartisipasi dalam membersihkan pantai, tetapi juga memahami dampak dan pentingnya mencegah pencemaran lingkungan,“ ujar Bapak Jack.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Jack Rumbekwan juga menekankan bahwa Aksi Clean Up dan Edukasi ke-100 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama para nelayan, agar bersama-sama menjaga dan melindungi laut dari sampah plastik.

“Menurut referensi, pada tahun 2050, jumlah sampah plastik di laut Indonesia akan lebih banyak daripada ikan. Ini adalah fakta yang mengkhawatirkan dan harus menjadi perhatian kita bersama,“ tambahnya.

Ia juga menghimbau masyarakat, khususnya para nelayan, agar tidak membuang sampah plastik ke laut.

“Sampah plastik tidak boleh dibuang ke laut karena akan berdampak negatif bagi generasi mendatang,“ ujarnya.

Wadanramil 1708-01/Biak Kota, Letda Inf Matius Laduk Salurapa, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan bahwa aksi ini bukan hanya tentang membersihkan pantai dari sampah, tetapi juga tentang menanamkan kesadaran dan cinta lingkungan pada masyarakat, terutama generasi muda.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan,“ pungkasnya.

Lebih lanjut, Letda Inf Matius menambahkan bahwa kolaborasi antara berbagai pihak sangat penting untuk upaya pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

“Dengan kolaborasi yang baik, upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Biak Numfor dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kelestarian alam di wilayah ini,“ tandasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Waspada Demo Ditunggangi Provokator, UU Cipta Kerja Terbukti Lindungi Buruh

Oleh : Septian Dwi Ramadhan  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Elemen masyarakat diminta untuk selalu …