Tiga Bintara Pembina Desa Koramil 09/Mauk Gelar Komsos Kamtibmas

PORTALINDONEWS.COM | Kodam Jaya, Tigaraksa – Tiga Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Mauk, melaksanakan Komsos dengan warga masyarakatnya dalam rangka kordinasi situasi Kamtibmas di wilayah Desa Patramanggala, Kec Kemiri, Kab.Tangerang, Rabu (19/06/2024).

Anggota Koramil itu, adalah Pelda Widayat Babinsa Desa Patramanggala, Sertu Damyati Babinsa Desa Margamulya dan Serda Dwi R Babinsa Desa Klebet,.dimana mereka melaksanakan Komsos di wilayah binaan masing-masing.

Seperti Pelda Widayat Babinsa Desa Patramanggala komsos bersama Kadus Patramanggala untuk salunf berkordinasi menciptakan kamtibmas yang aman di tengah lingkungan.

“Tugas kami adalah melaksanakan arahan dan perintah pimpinan. Melalui Komsos ini, kami laporkan kepada pimpinan, termasuk setiap ada perubahan. Semuanya untuk meredam hal negatif terjadi dan menjaga kondisifitas lingkungan,” ucap Pelda Widayat Babinsa Desa Patramanggala.

Sedangkan Sertu Damyati Babinsa Desa Margamulya dalam komsosnya bersama masyarakat dan Tokoh Pemuda, mengajak dan menghimbau agar lebih berperan aktif melaksanakan Siskamling secara turin san teratur.

“Kita membina kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta membina potensi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.” kata  Sertu Damyati.

Di wilayah lainnya, Serda Dwi R Babinsa Desa Klebet dalam komsos bersama lembaga dan media Desa Klebet, menciptakan sinergitas dalam rangka mempererat silaturahmi diantara warga masyarakat dengan elemen lainnya.

​Danramil 09/Mauk Kapten Arm Sigit mengatakan, tugas pokok Babinsa sebagai aparat kewilayahan, bertugas membina desa binaan. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Babinsa berfungsi antara lain pembinaan teritorial, yaitu membina potensi wilayah, kekuatan pertahanan desa, dan ketahanan masyarakat desa.

​”Selain itu, dalam Komsos tersebut, juga sebagai ajang silaturahmi dan saling tukar informasi sekaligus untuk mempererat hubungan dengan masyarakat sehingga tercipta kerjasama yang baik untuk lebih peduli terhadap situasi dan kondisi lingkungan.” jelasnya.

​Menjadi Babinsa, kata Kapten Arm Sigit, harus bisa menempatkan diri dengan tepat, adaptasi yang baik juga respon yang tanggap serta cepat mengetahui perkembangan situasi wilayah binaan.

Dari pantauan media di lapangan, terlihat masyarakat begitu dekat saat berkomunikasi dengan Babinsa. Ini merupakan hal yang positif bahwa kedekatan TNI Polri Bersama rakyat yang diwujudkan dengan peran Babinsa terlihat nyata. 

“Semoga kedekatan ini bisa menjadikan masyarakat kita sejahtera , aman dan senantiasa bersatu dalam segala hal,” pungkas Danramil.

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa

About Portalindonews

Check Also

Mendukung Transformasi Pendidikan di Papua Demi Pemerataan Akses dan Kualitas

Oleh : Ronald Owens  Editor: Ida Bastian  Portalindonews.com – Papua, sebagai salah satu provinsi terluar …