Rancamanyar Pengalengan Dilanda Banjir Mengakibatkan Lima Puluh Rumah Warga Terendam

PORTALINDONEWS.COM, Pengalengan – Rancamanyar Pengalengan dilanda Banjir Sejak Hujan Besar Dan Meluapnya Sungai Rancamanyar Merendah Puluhan Rumah Warga Masyarakat. (14/3/2022).

Akibatnya, lebih dari 50 rumah warga di RW 10,12,13 dan 14 terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter. Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Propinsi Jawa Barat sebanyak 60 kepala keluarga di RW 12 terendam banjir. Selanjutnya di RW 13 ada 12 KK yang terendam banjir, lalu 1 KK di RW 10.

Tokoh masyarakat Desa Margamukti, Agus Suherman mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak siang, mengakibatkan sungai yang berada di Kampung Rancamanyar meluap.

banjir terjadi di Kampung Rancamanyar, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, dan Kampung Babakan, Desa Nanjungmekar, Kecamatan Rancaekek.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar Hadi Rahmat mengatakan bencana dipicu intensitas hujan yang deras dengan durasi yang cukup lama di wilayah hulu ditambah hujan di wilayah hilir.

Ia memperkirakan air dipemukiman akan lebih lama surutnya. Apalagi, genangan air biasanya lebih lama bertahan di daerah RW 10 dan RW 12. Karena letaknya lebih rendah dibanding RW lainnya.

Menurut Agus, sebenarnya banjir akibat luapan anak Sungai Cisangkuy itu sudah langganan bagi warga di Kampung Rancamanyar sejak beberapa tahun terakhir ini.

(Iin)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Danrem 172/PWY Pimpin Panen Raya Dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1701/Jayapura

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Dedi …