Aksi Peduli Sampah Plastik, Dandim 1708/BN Terima Piagam Penghargaan Dari Trash Hero World

PORTALINDONEWS.COM, Biak ~ Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han, menerima Piagam Penghargaan dari Trash Hero Indonesia atas dedikasinya dalam upaya membersihkan lingkungan melalui kegiatan “Grebek Sampah”. Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Aula Kodim 1708/BN, Jl. Sriwijaya, Kelurahan Brambaken, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Rabu (5/6/2024).

Piagam penghargaan ini diberikan oleh Trash Hero World dan diserahkan langsung oleh Ketua Komunitas Trash Hero Biak, Bapak Jack Rumbekwan.

Dalam sambutannya, Bapak Jack Rumbekwan menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan atas kolaborasi aktif dan kreatif yang dilakukan oleh Kodim 1708/BN dalam kegiatan ‘Clean Up Sampah’ yang sering dilakukan bersama Trash Hero Biak.

“Proses pemberian penghargaan ini tidak di agendakan, tetapi karena kolaborasi dan inisiatif dari pihak Kodim 1708/BN, kami sampaikan langsung kepada pendiri Trash Hero (Trash Hero World),” ujar Rumbekwan.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemda Kabupaten Biak Numfor dan Trash Hero Indonesia, yang diwakili oleh Trash Hero Biak, atas penghargaan yang diberikan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang tidak kami sangka-sangka dan menjadi perhatian dari Trash Hero Indonesia kepada Kodim 1708/BN,“ ungkap Dandim.

Dandim juga menegaskan menegaskan bahwa setiap kolaborasi yang dilakukan dengan Pemda Kabupaten Biak Numfor maupun komunitas di Biak Numfor dilakukan dengan tulus dan ikhlas, tanpa mencari pencitraan dan popularitas.

“Kami melakukan semua dengan rasa tulus dan ikhlas, atas kemauan dan semangat kami untuk menjadikan Biak ini selalu bersih dan sehat,“ tambahnya.

Kabupaten Biak Numfor telah tujuh kali mendapatkan penghargaan sebagai kota kecil terbersih di Indonesia, Dandim 1708/BN mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi ini dan menekankan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan kebersihan kota, baik dari sampah organik maupun non-organik.

Dandim 1708/BN juga menyoroti perhatian global terhadap sampah plastik, khususnya mikroplastik yang sangat berbahaya ketika dikonsumsi oleh tanaman, ternak, maupun ikan yang kemudian masuk ke dalam rantai makanan manusia, ini adalah isu besar yang memerlukan perhatian dan tindakan nyata dari semua pihak.

Pihaknya juga mengapresiasi semangat dan dedikasi anggota Kodim 1708/BN dalam kegiatan Grebek Sampah, yang menurutnya sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya bangga dengan Trash Hero Indonesia, Trash Hero Biak, dan Rumah Komunitas Biak yang tidak pernah pantang mundur untuk membersihkan sampah,“ katanya.

Dandim menegaskan komitmennya untuk terus berkolaborasi dengan Pemda Kabupaten Biak Numfor dan komunitas lainnya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Biak dan kami akan terus berupaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi semua,“ pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten 1 Sekda Kab. Biak Numfor Samuel Rumakeuw, Staf ahli 1 Bupati Biak Numfor Fransisco Olla, Kadis lingkungan hidup Biak Numfor Iwan Ismulyanto, Ketua Komunitas Trash Hero Biak Jack Rumbekwan, para Danramil dan Perwira Staf serta anggota Kodim 1708/BN.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Personil Koramil 01/Tamansari bersama Personil Polsek Pam Giat Perayaan Kongco Sejit 2024

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Tiga personil Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta Barat yang di …