Ciptakan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Perbatasan, Satgas Yonif 310/KK Gelar Penyuluhan Pertanian

PORTALINDONEWS.COM | Keerom ~ Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan, Satgas Yonif 310/KK Pos Ubrub menggelar kegiatan sosialisasi tentang pembibitan tanaman melon dan semangka kepada masyarakat Kampung Umuaf. Kegiatan ini dilaksanakan di Pos Satgas Yonif 310/KK Ubrub, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (29/6/2024).

Sosialisasi ini diikuti oleh puluhan warga Kampung Umuaf, baik pria maupun wanita. Bertindak sebagai narasumber adalah Serda Resa Juliansyah. Dalam materinya, Serda Resa menjelaskan tentang teknik pembibitan melon dan semangka yang baik dan benar, mulai dari pemilihan benih, penyemaian, perawatan, pemilihan pupuk, hingga panen.

Masyarakat Kampung Umuaf sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Mereka banyak bertanya kepada Serda Resa tentang hal-hal yang belum mereka pahami. Serda Resa pun dengan sabar menjawab semua pertanyaan mereka. Salah satu warga Kampung Umuaf, Bapak Bernat (48), mengaku sangat senang dengan kegiatan ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif 310/KK yang telah memberikan ilmu tentang pembibitan melon kepada kami. Saya ingin mencoba menanam melon dan semangka di kebun saya,” ucap Bernat.

Sementara itu, Danpos (Komandan Pos) Ubrub, Kapten Inf Dicky Dian Saputra, S.T. Han., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas Yonif 310/KK terhadap masyarakat di wilayah perbatasan.

“Kami ingin membantu masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi mereka,” ungkapnya.

Kapten Dicky berharap agar ilmu yang telah diberikan dalam sosialisasi ini dapat diterapkan oleh masyarakat Kampung Umuaf sehingga mereka dapat menghasilkan panen melon yang melimpah. Semoga dengan panen melon yang melimpah, masyarakat Kampung Umuaf dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Ditempat terpisah, Dansatgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Andrik Fachrizal mengatakan penyuluhan pertanian ini merupakan proses pendidikan non formal yang bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan, keterampilan kepada petani ataupun masyarakat khususnya di kampung perbatasan agar dapat mengembangkan usaha tani mereka secara mandiri dan berdaya saing.

Lanjut dikatakan Dansatgas, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Satgas Yonif 310/KK untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan. Satgas Yonif 310/KK akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan dengan berbagai kegiatan lainnya.

“Hasil pertanian tersebut disamping untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari juga dengan cara bertani yang baik dan benar dapat meningkatkan sumber daya ekonomi bagi masyarakat,” tutup Dansatgas.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Mendukung Aparat Keamanan Berantas OPM Demi Kelancaran Pembangunan Nasional

Oleh : Salome Boma Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Masyarakat mendukung penuh upaya dan kerja …