Dandim 1002/HST Hadiri Rakor Penanganan Covid-19

PORTALINDONEWS.COM, BARABAI – Dandim 1002/HST Letkol Inf Muh Ishak H.Baharuddin,S.I.P.,M.I.,Pol menghadiri rapat koordinasi penanganan covid-19 di Hulu Sungai Tengah.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati HST H. Aulia Oktafiandi, S.T, M.AppCom bersama Satgas Pencegahan Penanggulangan Covid-19 di Hulu Sungai Tengah bertempat di Auditorium Setda Kab. HST Jl. Perwira No. 01 Kec. Barabai. Senin (23/08).

Rapat yang diikuti oleh unsur forkopimda dan SKPD serta intansi jajaran terkait membahas tentang pemberlakuan PPKM level-4 di Hulu Sungai Tengah.

Dalam kesempatan tersebut BARABAI-Bupati HST H. Aulia Oktafiandi, S.T, M.AppCom menyampaikan bahwa Rapat yang kita lakukan ini adalah tindak lanjut dari komite penanggulangan Covid-19 dan Pemilihan Ekonomi Nasional yang melakukan penanganan di Kabupaten HST, HST dinilai memiliki tingkat ketertularan yang tinggi dengan respon yang terbatas. 

Saat ini di Kabupaten HST tingkat Kematiannya tinggi dari rata-rata tingkat nasional yaitu 5,5 %. Untuk itu perlu menyiapkan apa yang perlu kita siapkan dalam menghadapi PPKM Level 4 ini.”ucapnya.

Dari 1 bulan yang lalu kita harus menguatkan posko PPKM mikro, sudah harus siap segalanya seperti baliho, kegiatan dan anggarannya. Dari data yang ada di Kabupaten HST, Tingkat penyebaran yang lebih tinggi adalah Kec. Barabai, Kita manfaatkan level 4 ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, meningkatkan tracing, serta partisipasi aktif dari seluruh ASN.”tuturnya.

Sementara itu Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto.Sik pada kesempatan tersebut menyampaikan saat ini kita harus melaksanakan ketentuan level 4 dengan cara bersinergi dengan semua unsur. 

Bagi masyarakat yang terkena Covid-19 jangan malu untuk melaporkan diri yang nantinya akan melakukan Isoman maupun Isoter.”ungkapnya.

Sedangkan Dandim 1002/HST Letkol Inf Muh Ishak H.Baharuddin,S.I.P.,M.I.,Pol menyampaikan bahwa dengan penetapan HST di level 4, harus segera kita sosialisasikan ke masyarakat ke tingkat paling bawah, untuk itu perlu peran posko PPKM mikro. 

Posko PPKM yang ada di HST ada sekitar 158 posko yang perlu didukung pelaksanaannya, untuk TNI ada Babinsa dan Polri ada Bhabinkamtibmas yang akan selalu merapat di posko PPKM di wilayah binaan masing-masing guna memperkuat dan langsung membantu pelaksanaan legiatan Posko PPKM Mikro tersebut.”ucapnya.

Masih menurut Dandim, Hal-hal teknis seperti cuci tangan jangan diabaikan, kita galakkan lagi seperti awal, jangan sampai pada level 4 ini kita abaikan hal-hal yang seperti ini untuk menekan angka penyebaran covid-19, dengan harapan HST bisa segera bangkit lagi dari resiko tinggi menjadi resiko rendah atau zona hijau.”tegasnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut antara lain,: Bupati HST H. Aulia Oktafiandi, S.T, M.AppCom, Wakil Bupati HST Drs. H. Mansyah Sabri, Pj. Sekda HST Drs. Muhammmad Yani, M.Si, Wakil Ketua DPRD HST Taufik Rahman, S.Sos, Dandim 1002/HST Letkol Inf Muh. Ishak H. Baharuddin S.I.P, M.I.Pol, Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto, S.I.K, Ketua Pengadilan Negeri HST Hajar Widianto, S.H, M.H, Kejaksaan Negeri HST diwakili oleh Saripudin, S.H, Yonif 621/Mtg di wakili oleh Letda Inf Alex, Ketua Pengadilan Agama HST Dra. Hj. Noor Asiah, Kepala Pelaksana BPBD H. Budi Hariyanto S.Kep, M.M, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD Kab. HST, Camat se Kab. HST.

Rakor dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dapat berjalan dengan aman dan lancar.(pendim1002).

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Tingkatkan Sumber Pangan,Babinsa Koramil 1714-01/Mulia Bantu Warga Siapkan Lahan Perkebunan

portalindonews.com, Puncak Jaya ~ Dalam Kegiatan kali ini, Babinsa Koramil 1714-01/Mulia Serda Brayen membatu masyarakat …