Hari Kesaktian Pancasila, Danrem JO : Pancasila Merajut Keragaman Jadi Persatuan

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Korem 172/PWY menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, bertempat di Lapangan Upacara Makorem 172/PWY, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (1/10).

Upacara yang dihadiri seluruh Prajurit dan PNS Korem 172/PWY berlangsung dengan hikmat. Seluruh peserta upacara mendengarkan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang 1945 dan pembacaan naskah ikrar kesetiaan terhadap Pancasila. 

Danrem 172/PWY saat ditemui usai upacara menuturkan bahwa upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila dilakukan untuk mengingatkan kembali semangat para pendiri bangsa Indonesia yang telah mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Dan sejak kelahirannya sampai hari ini, Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita.

“Pancasila membuat perbedaan jadi kenyataan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. Bagi kita yang ada di Papua harus bisa merawat dan menjaganya, sebab masyarakat di Papua ini terdiri dari berbagai suku, agama dan ras sehingga dengan adanya semangat Pancasila, segala keberagaman dan perbedaan itu dapat menjadi nilai yang mempersatukan kita dalam Bingkai NKRI,” ujarnya.

Danrem berpesan untuk merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini sebagai awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan untuk Papua yang maju, aman dan sejahtera. “Jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di Tanah Papua,” tegas Danrem.

Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2022 ini adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Pada kesempatan tersebut juga, Danrem 172/PWY beserta para perwira dan anggota memberikan ucapan selamat kepada para prajurit dan PNS Korem 172/PWY yang naik pangkat periode 1 Oktober 2022. (Sumber Penrem 172/PWY)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Kapuspalad : Perwira Corps Peralatan TNI AD Harus Inovatif dan Kreatif

PORTALINDONEWS.COM, JAKARTA –  Menjadi Perwira Corps Peralatan Angkatan Darat harus memiliki inovasi dan kreativitas untuk …