Kasdim 0503/JB Letkol Inf Hary Ismail.S.I.P, Pimpin Upacara Bendera HUT RI Ke-78 Tahun

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Komando Distrik Militer (Kodim) 0503/JB Korem 052/Wkr menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Makodim 0503/JB Jalan S. Parman No. 3 RT. 03/08, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Kamis 17 Agustus 2023.

Kegiatan dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0503/JB, Letkol Inf Hary Ismail.S.I.P, selaku Inspektur Upacara (Irup) dan Komandan Upacara Wadan Ramil 06/KD Kapten Inf Sriyanto. Sedang peserta upacara ini melibatkan para Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Kodim 0503/JB.

Dalam amanatnya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Kasdim 0503/JB, Letkol Inf Hary Ismail.S.I.P, mengajak, di hari dan bulan yang sangat bersejarah ini untuk bersama-sama mempersembahkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini tanggal 17 Agustus 2023 kita dapat mengikuti upacara Hari Ulang Tahun ke- 78 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia secara khidmat dan dalam keadaan sehat wal’afiat.

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan seperti ini, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang, pendiri republik ini, para pahlawan sejati, yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan. “Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia, yang harus kita berikan adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkanya untuk mengisi kemerdekaan,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam amanatnya.

Setelah 78 tahun Indonesia merdeka, kini menjadi tugas kita semua untuk mengisi kemerdekaan. TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebhinekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh.

Sebelum kita mampu merekatkan kemajemukan, maka soliditas dan sinergitas di antara kita harus terwujud terlebih dahulu. Ingat, pada era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan lingkungan strategis memiliki dampak, termasuk Negara kita. Pengalaman membuktikan bahwa dengan soliditas dan sinergitas yang kuat, maka setiap potensi terjadinya gangguan keamanan lebih mudah untuk dideteksi dan di antisipasi bersama-sama.

Bersamaan dengan tugas kita kedepan yang semakin kompleks dan dinamis, kita juga harus ingat, bahwa semua warga negara berkedudukan sama didepan hukum dan berhak mendapatkan keadilan. Semua pelanggaran hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI akan dilanjutkan sesuai prosedur hukum yang berlaku. “Oleh karena itu setiap prajurit TNI agar bersikap profesional, tangguh, bermoral, berdedikasi dan mempunyai loyalitas tinggi dengan mental Sapta Marga,” ujar Panglima TNI.

Disampaikan juga oleh Panglima TNI, berkaitan di tahun 2023 yang merupakan tahun politik menuju Pemilu 2024, TNI tetap harus Netral. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI tidak ingin kembali ke politik. TNI secara tegas tidak masuk ranah politik praktis.(Pendim0503/JB)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Pangdam Jaya Pimpin Upacara Pembukaan Dikmata TNI AD TA. 2024

Portalindonews.com, Kodam Jaya – Bogor. “Berlatihlah dengan Penuh Rasa Tanggung Jawab, Jujur dan Tunjukkan Semangat …