Pangdam XVIII/Kasuari: Saya Tidak Mau Hanya Menuntut-menuntut Saja Tetapi Saya Juga Harus Memikirkan Kesejahteraanmu

Portalindonews.com, Manokwari. kasuari18- Sebagai seorang Panglima (Pangdam), selain harus menyiapkan pasukannya dalam rangka kegiatan Bin Kuat (pembinaan kekuatan) dan Gun Kuat (penggunaan kekuatan) operasi, sekaligus harus mampu memberikan kesejahteraan, yang salah satunya adalah perumahan Rusun (rumah susun) ini. Kita terus berjuang sehingga prajurit kita bisa tinggal di dalam (perumahan dinas). Sebagai Panglima, saya juga tidak mau hanya menuntut-menuntut saja tetapi saya juga harus memikirkan kesejahteraanmu. Itulah tanggung jawab saya sebagai seorang pemimpin. Apa yang bisa saya kerjakan, saya berikan kepada kalian, saya cari.

Ungkapan ini dengan tegas disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), meresmikan penggunaan rumah susun (Rusun) bagi prajurit, yang berada didalam kompleks Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu (2/6/2021).

Rusun ini adalah Rusun kelima yang dibangun di kompleks Makodam XVIII/Kasuari di Manokwari dan rencananya ke depan akan dibangun Rusun yang keenam. Rusun seluas 708 meter dan bisa ditempati para prajurit yang sudah berkeluarga, sebanyak 36 KK (Kepala Keluarga). Didalamnya terdapat dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya.

“Hari ini kita dapat kesempatan untuk 36 KK bisa masuk di Rusun ini. Sekali lagi ini adalah langkah maju kita di bidang perumahan. Kebutuhan dasar manusia itu ada tiga, pertama kebutuhan pangan, kedua sandang, dan terakhir kebutuhan papan atau perumahan. Termasuk kita, kebutuhan seorang prajurit. Maka dengan dibangunnya rusun ini mudah-mudahan bisa melancarkan tugas kita semuanya,” ucap Pangdam.

“Kita mendesain rumah susun ini sejenis apartemen, sehingga bisa hidup nyaman, senang, dan betah di sini. Bukan berarti dengan adanya rumah susun ini kalian tidak bisa membina rumah tangga dan lain sebagainya. Dengan rumah yang kecil (minimalis), kalian justru bisa sering berinteraksi dengan anak dan istri (keluarga) tetapi kalau rumahnya terlalu besar maka susah berkomunikasi. Bagi keluarga-keluarga baru, dengan adanya rumah susun ini diharapkan kalian banyak berinteraksi, bagaimana kamu membina rumah tangga, bagaimana kamu mau mewujudkan mimpi-mimpimu,” sambungnya.

Terakhir, Mayjen I Nyoman Cantiasa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berperan dalam rangka mewujudkan Rusun tersebut, sekaligus berpesan kepada para penghuni Rusun agar merawat, memelihara, dan memanfaatkannya dengan baik.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kasdam Brigjen TNI Djoko Andoko, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, serta para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari ini dilakukan penyerahan kunci rumah kepada para prajurit yang akan menempati Rusun, yang secara simbolis diberikan kepada prajurit tertua (pangkat tertinggi) di sana, yakni Mayor Chb Yosep Hadiat, Dandenhubdam XVIII/Kasuari. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita yang menandai pembukaan pintu Rusun dan pengecekan kondisi ruangan-ruangan didalam Rusun oleh Pangdam dan para pejabat Kodam XVIII/Kasuari.

(Pendam XVIII/Ksr)

About Portalindonews

Check Also

Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad Laksanakan Pengobatan Untuk Anak Papua

PORTALINDONEWS.COM, Intan Jaya – Tim Kesehatan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad memberikan pelayanan kesehatan kepada …