Pasiter Kodim 1702/Jayawijaya Beri Penyuluhan Wasbang Kepada Warga di Lokasi TMMD Ke-115 TA 2022

PORTALINDONEWS.COM, Wamena – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1702/Jayawijaya mulai menggelar kegiatan Non Fisik. Pelaksanaan kegiatan Non Fisik disasarkan pada sosialisasi wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada masyarakat Kampung Iyora Kecamatan Tailarek Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (15/10/2022).

Peserta sosialisasi wasbang tersebut diikuti sebanyak 45 orang yakni Aparat Pemerintah Distrik, Tokoh Masyarkat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta warga sekitar bertempat di Kantor Distrik Tailarek.

Pasiter Kodim 1702/Jayawijaya Lettu Inf Pieter Walalayo yang juga sebagai Koordinator TMMD, menjelaskan ini merupakan kerja sama dan kolaborasi TNI dengan Pemkab Jayawijaya serta Distrik Tailarek dalam membangun dan memajukan wilayah.

“Selain sasaran fisik, dalam TMMD ini juga terdapat sejumlah sasaran non fisik diantaranya bentuk penyuluhan (sosialisasi) wawasan kebangsaan (Wasbang),” ujarnya.

Dalam sosialisasi Wasbang, tambah Lettu Inf Pieter Walalayo memaparkan nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai dasar ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Nilai dasar wawasan kebangsaan, yakni, penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu, Cinta tanah air dan bangsa, demokrasi, kesetiakawanan sosial, dan masyarakat adil dan makmur,” pungkas Lettu Pieter.

Hal senada dikatakan Kadistrik Tailarek Arinus Mosip bahwa kegiatan sosialisasi Wasbang ini merupakan pembinaan dan pembekalan yang mana sangat penting, guna menangkal semua radikalisme yang dapat merusak pikiran warga masyarakat.

“Sebagai anak bangsa kita jangan sekali kali melupakan sejarah, dan melalui materi ini diharapkan sebagai generasi bangsa, kita tergugah untuk terus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” ungkap Arinus.

sumber: kodim 1702/Jayawijaya

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Antisipasi Pohon Tumbang, Babinsa Serma Ery Hendrawan Monitoring Giat Pemangkasan Pohon

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Babinsa Serma Ery Hendrawan anggota Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta …