Pembinaan Lingkungan Hidup, Kodim 0504/JS Berikan Penyuluhan Pengelolaan Sampah

PORTALINDONEWS.COM, JAKSEL – Komando Distrik Militer (Kodim) 0504/JS, mengadakan kegiatan Program Pembinaan Lingkungan Hidup TA 2023, berupa penyuluhan tentang pengelolaan sampah yang dinarasumber oleh Sudin Lingkungan Hidup Kota Adm Jakarta Selatan Bp. Nana Amaludin, bertempat di Aula Makodim 0504/JS, Senin (07/08/2023).

Dalam sambutannya, Dandim 0504/JS yang diwakili oleh Plh Kaur Bakti TNI Siterdim 0504/JS Kapten Inf Sunanto menuturkan, bahwa pengelolaan sampah ini dimulai ketika Ia melihat banyaknya sampah yang berserakan di halaman, sungai dan bahkan di tempat-tempat yang strategis seperti jalan umum. Berangkat dari keprihatinan dan semangat bahwa sampah itu memiliki potensi ekonomi, dari proses pemilihan dan penggilingan sampah ini, menghasilkan benda padat, yang bisa dipergunakan untuk bahan bakar alternatif dalam proses produksi.

“Dengan ini mengajak kepada stakeholder, baik Pemerintah, swasta dan masyarakat untuk sama-sama bekerjasama dalam mengurangi sampah ini,”jelas Kapten Inf Sunanto.

Selanjutnya, Narasumber Bp. Nana Amaludin menyampaikan, wilayah Jakarta Selatan setiap harinya pengiriman sampah ke daerah Bantar Gebang Bekasi, sehingga salah satu wilayah penyumbang sampah sehingga mencapai tonan.

Peran kolaborasi dan gotong royong sangat dibutuhkan dalam rangka menurunkan sampah ke Bantar Gebang peduli kita berbuat sehingga mengurangi angka pengiriman sampah ke daerah Bantar Gebang tersebut. Sehingga Dengan bersama kita semua stakeholder semoga sampah di wilayah Jaksel bisa berkurang.

“Semoga, dengan inovasi pengolahan sampah ini, bisa mengurangi sampah di Jakarta Selatan, minimal 30 persen bisa diurai di tempat”ucap Bp. Nana

Ia menambahkan, pemerintah daerah khususnya wilayah Jakarta Selatan akan ikut serta dalam mensosialisasikan, mengedukasi dan sampai pada memperbanyak.

“hidup ini tidak bisa bergerak lebih cepat kalau tidak kompak dan berkolaborasi. Jangan berdiri di masalah Tupoksi saja, “terang Bp Nana dalam pemberian materi di Aula Makodim 0504/JS.

“ini merupakan solusi yg bagus bukan hanya untuk pembersihan sampah namun juga menciptakan sumber pendapatan bagi masyarakat” katanya

Selanjutnya, Narsumebr dari Sudin Lingkungan Hidup Kota Adm Jakarta Selatan Bapak Nana menyampaikan, secara prinsip Sudin LH Kota Adm Jaksel mendukung atas inovasi pengolahan sampah ini, terlebih Sudin LH adalah yang mengelola dan menangani sampah.

“Jadi inovasi-inovasi yang disampaikan tadi baik, nanti kami akan melihat secara detail, dan Insa Alloh akan disampaikan kepada pimpinan,”ucap nya. Program penurunan sampah ini semuanya cocok, kata Nana Amaludin. Kemudian setelah melihat proses Kerjanya nanti, akan diterapkan secara keseluruhan baik di tingkat kecamatan atau kelurahan. “ini adalah salah satu program penurunan sampah dari hulu, harapannya semoga setelah adanya inovasi pengolahan sampah ini bisa merubah pola pikir masyarakat bahwa sampah memiliki potensi yang ekonomis,”jelas Nana Amaludin Sudin LH Jaksel.***

About Portalindonews

Check Also

Pasiter Kodim 1702/Jayawijaya Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas Ke-79 Tahun 2024

Portalindonews.com, Wamena – Perwira seksi teritorial Kodim 1702/Jayawijaya Kapten Inf Nur Abdillah turut serta menghadiri …