Pererat Hubungan Dengan Media Massa, Pusterad Gelar Sarasehan Bersama Insan Media TA 2022

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta Barat – Bertempat di Hotel Kimaya Slipi Jakarta Barat pada kamis 22 September 2022, Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) gelar Sarasehan bersama M Media Massa TA. 2022.

Dengan mengusung tema ” Membangun Sinergitas Insan Teritorial Dengan Media Massa Guna Mewujudkan Opini Yang Sehat”, menghadirkan Nara Sumber, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Dr. Usman Kansong., Sekjen Serikat Siber Indonesia Mohammad Nasir., dan Plt Staf Ahli SDM Bidang dan Teknologi Deputi IV Bidang Pertahanan Negara Mayjen TNI Drs Burlian Syafei., dengan moderator Brigita Manohara.

Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M dalam sambutannya mengatakan,”kegiatan sarasehan Pusterad dengan Media Massa ini diharapkan dapat semakin menpererat hubungan silahturahmi yang telah terjalin selama ini.

“Selain itu diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Danpusterad menjelaskan, sesuai dengan Undang-undang nomor 3 tahun 2002 pasal satu ayat 2 tentang pertahanan negara yang menjelaskan tentang sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh warga negara wilayah dan sumber daya nasional lainnya.

“TNI AD sebagai bagian intergral/ penting dari unsur utama pertahanan negara yang menyelenggarakan amanat Undang undang tersebut melalui konsep pembinaan teritorial yang disebut Binter (bimbingan teritorial, red),”jelasnya.

Dengan memberdayakan potensi geografi, demografi dan kondisi sosial untuk disiapkan menjadi kekuatan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara khususnya di aspek darat.

Pelaksanaan Binter berpedoman pada program kerja binter yang diselenggarakan oleh seluruh kesatuan jajaran TNI AD khususnya satuan komando kewilayahan, secara terus menerus sepanjang tahun.

Dalam penyelenggaraan binter Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) menggandeng seluruh komponen bangsa agar tujuan pembinaan teritorial (binter) dapat tercapai  termasuk didalamnya adalah media massa.

Dihadapkan pada era modern saat ini informasi sangat penting sebagai sarana dalam interaksi dikalangan masyarakat. Kecepatan informasi yang didukung perkembangan teknologi merupakan kebutuhan keseharian dalam kehidupan sosial masyarakat yang dapat dikonsumsi dalam bentuk berita, baik cetak, elektronik maupun online, melalui pemberitaan yang tepat dan akurat, yang dapat dijadikan masukan dalam pengambilan kebijakan dan membangun karakter bangsa.

Kewajiban kita memberikan edukasi dan proaktif mengajak masyarakat agar tetap cerdas dalam memanfaatkan media massa, sehingga diharapkan masyarakat lebih selektif dalam mengkonsumsi berita dan informasi yang diterima.

TNI AD melalui unsur satuan komando kewilayahan dengan didukung media massa, memiliki peran yang sangat strategis dalam melaksanakan pembinaan pertahanan masyarakat melalui penyelenggaraan pembinaan teritorial.

Kegiatan binter yang berkolaborasi dengan media massa diharapkan dapat mengedukasi seluruh lapisan masyarakat, sehingga terwujud ketahanan nasional yang tangguh sesuai dengan temanya “Membangun Sinergitas Insan Teritorial Dengan Media Massa Guna Mewujudkan Opini Yang Sehat,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan Danpusterad, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., Wadanpusterad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap., Kadispenad Kolonel Hamim Tohari., Kapendam Jaya Letkol Cpm Indra Wirawan. Ketua PWI Jakarta, Sayit Iskandarsyah., Para Pemred Media Massa, Cetak, Online, dan Elektronik. (Amran)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Masyarakat Dukung Upaya Tegas Penanganan OPM di Papua

Oleh Josephine Ramandey  Editor:  Ida Bastian  Portalindonews.com – Penyerangan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap …