Pimpin Sertijab Danyonif 756/WMS, Danrem JO : Lanjutkan Soliditas Dan Prestasi Yang Telah Terbangun

PORTALINDONEWS.COM, Keerom – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring memimpin Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Infanteri 756/Wimane Sili dari Letkol Inf Tommy Yudistyo kepada Letkol Inf Wirawan Setya Kusuma yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kipan A Yonif 756/WMS, Distrik Arso, Kab. Keerom, Papua, Jum’at (14/10).

“Hari ini kita melaksanakan prosesi sertijab Danyonif 756/WMS dari Letkol Inf Tommy Yudistyo kepada Letkol Inf Wirawan. Dengan demikian, tugas, wewenang dan tanggung jawab lama, secara resmi telah beralih kepada pejabat yang baru. Dan sengaja kita lakukan sertijab di Kompi A, agar Danyon yang baru bisa sekaligus melihat prajuritnya di sini,” kata Danrem.

Danrem menyebut Yonif 756/WMS adalah satuan yang berada di bawah Korem 172/PWY. Ia berharap satuan ini ke depannya dapat mampu melaksanakan tugas, karena Batalyon ini memiliki dua tugas yaitu sebagai satuan tempur, dan juga melakukan pembinaan teritorial tempur.

“Kita harapkan soliditas yang telah dibangun dan prestasi di kepemimpinan sebelumnya dapat dilanjutkan oleh pejabat yang baru,” ujarnya. 

Dijelaskan Yonif 756/WMS juga terlibat dalam Satuan Kolakops 172/PWY, di mana saat ini ada satu kompi yang bertugas di daerah Kabupaten Pegunungan Bintang dan juga penugasan satgas di wilayah jajaran Subkolakops yang ada di Kab. Jayawijaya.

Terkait Pemilukada yang akan dilaksanakan pada tahun depan, Danrem menyebutkan bahwa satuan Yonif 756/WMS juga melakukan latihan mengantisipasi pesta politik yang akan dihadapi sehingga satuan ini siap dalam memberikan bantuan pengamanan kepada Pihak Kepolisian.

“Dalam latihan yang kita lakukan tentunya ada beragam latihan yang sudah diprogramkan maupun inovasi dari Komandan Satuan. Jadi latihan yang dilakukan merupakan upaya menyiapkan satuan untuk melaksanakan tugas yang akan diberikan nanti termasuk kegiatan membantu Polri dalam mensukseskan tahapan Pemilukada tahun depan,” jelas Danrem.

Sementara Letkol Inf Tommy Yudistyo selaku pejabat lama mengaku ada beberapa program latihan di triwulan IV yang belum dilaksanakan, sehingga diserahkan kepada pejabat baru untuk dilanjutkan. 

“Programnya yaitu pembinaan satuan seperti meningkatkan moril prajurit, menata pangkalan agar lebih bagus lagi, kemudian program-program kepada masyarakat agar prajurit lebih dekat dengan masyarakat sekitar, serta menjaga kondusifitas wilayah,” kata Letkol Inf Tommy yang setahun dipercayakan memimpin Yonif 756/WMS. 

Tommy juga mengaku selama setahun, ada satu prestasi yang ditorehkan prajurit Yonif 756/WMS yaitu menangkap pembunuh Babinsa Sertu Eka dan istrinya di Yalimo. 

“Ini berkat arahan dan bimbingan dari Danrem Brigjen JO Sembiring. Alhamdulillah, 25 personel kami bisa mendapatkan penghargaan dari Bapak Kasad di Jakarta,” bebernya. 

Sementara Letkol inf Irawan Setya Kusuma mengatakan, sebagai pejabat yang baru ia siap melanjutkan program kebijakan satuan yang sudah dilaksanakan oleh Danyon sebelumnya.

“Tapi tentunya juga program prioritas kami adalah pembinaan satuan yaitu menurunkan atau menekan angka pelanggaran personel, karena memang tidak bisa dipungkiri situasi di Wamena sangat rawan terjadinya pelanggaran-pelanggaran indisipliner seperti disersi. Ini menjadi Prioritas kami untuk menurunkan angka pelanggaran,” tegasnya. 

Selanjutnya Letkol Inf Tommy Yudistyo akan melanjutkan tugas sebagai Komandan Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran (Dodiklatpur) Rindam XVII/Cenderawasih. (Penrem 172/PWY)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Kasdim Jayawijaya Hadiri Peresmian Gedung Kantor Wilayah Bogo, Monumen Baptisan Sulung GIDI dan Sembilan Honai Tokoh GIDI Kabupaten Mamberamo Tengah

Portalindonews.com, Wamena – Kasdim 1702/Jayawijaya Mayor Inf Romadlon menghadiri peresmian kantor wilayah bogo, monumen baptisan …