Saling Berbagi, Prajurit Satgas Yonif 312/KH Belajar Membuat Atap Rumbia Bersama Warga Perbatasan

PORTALINDONEWS.COM, Keerom – Wujud nyata kemanunggalan serta kedekatan warga dan prajurit TNI, personil Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 312/KH melaksanakan anjangsana sekaligus saling berbagi ilmu mengenai cara pembuatan atap rumbia di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 312/Kala Hitam, Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P., M.M., M.Han., M.I.Pol dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu (24/02/2021).

Dansatgas menjelaskan bahwa Satgas Yonif 312/KH selalu aktif melakukan pendekatan-pendekatan dengan berbagai macam cara untuk merangkul warga agar bersinergi dengan TNI untuk sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan serta kenyamanan wilayahnya.

“Seperti yang dilakukan personil Pos Somografi yang belajar cara pembuatan atap rumbia dari salah satu warga binaannya, ilmu dan pengalaman berharga seperti ini bisa juga diperoleh dari warga,” ucap Dedy.

“Ilmu dan pengalaman berharga seperti ini tentu saja bisa menjadi bekal bagi prajurit untuk berbagi kepada warga di wilayah lain apabila melaksanakan satgas berikutnya,” tambah Dedy.

Di tempat terpisah Danpos Somografi Letda Inf Arik Setiawan mengatakan bahwa akses transportasi darat menuju Kampung Somografi yang masih sulit membuat harga-harga menjadi mahal, sehingga untuk kebutuhan sandang, pangan dan papan warga memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

“Daun rumbia dipilih sebagai bahan pembuatan atap karena memiliki sifat yang kaku dan berbentuk lurus, dengan tulang daun yang sejajar dan tidak bercabang membuat daun ini tetap tegak meskipun sudah kering,” kata Arik.

“Selain itu, dengan menggunakan atap daun rumbia akan tampak sangat alami, beda dengan atap pabrikan, terutama seng dan asbes yang cenderung panas di siang hari,” tutup Arik.

Autentikasi
Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam.

About Portalindonews

Check Also

Personel Lengkap dan Torehkan Berbagai Prestasi Di Medan Operasi, Satgas 330 Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Dharma

PORTALINDONEWS.COM, Timika – Pangkoops TNI “Habema”, Brigjen TNI Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. menyematkan secara simbolis …