Sambut HUT RI, Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga Pasang Bendera di Depan Rumah Panjang

PORTALINDONEWS.COM,  JAKARTA – Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY bersama masyarakat dan anak-anak memasang bendera merah putih di Rumah Panjang Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis, Selasa (3/8/2021).

Dijelaskan Dansatgas, Rumah Panjang atau biasa disebut Rumah Rumah Radakng atau rumah Panjang adalah salah satu rumah adat yang ada dan menjadi ciri khas di Provinsi Kalimantan Barat.

Rumah Panjang atau biasa disebut Radakng merupakan rumah adat suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat. Rumah Panjang berukuran besar, di mana memiliki ukuran panjang 138 meter dan tinggi 7 meter. 

“Rumah Panjang merupakan simbol yang bermakna persatuan dan kesatuan tetap terjaga di antara penghuninya, ” tuturnya. 

“Dengan kata lain, pada masa sekarang Rumah Panjang menjadi modal utama tetap bersatunya seluruh masyarakat Dayak dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ” terang Dansatgas.

Selain di Rumah Panjang, personel Satgas Pamtas Yonif 144/JY juga memasang Bendera Merah Putih di depan rumah warga, rumah Panjang Janting Dusun Bunut Lalau, dan Dusun Sebindang.

“Kegiatan ini merupakan bentuk wujud implementasi penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan kemerdekaan, yang rela berkorban jiwa raga dan harta benda demi kedaulatan NKRI.

“Kita hargai jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah mempertahankan negara kita ini dari penjajahan, kami sangat senang atas bapak satgas yang memberi kami bendera merah putih untuk di pasang depan rumah, sehingga anak-anak di perbatasan ini bisa cinta NKRi,” ucap Kades Yohanes.

Kegiatan ini dipimpin Pasiter Letda Inf Hendri Calaus dan dilakukan dengan semangat meskipun cuaca panas. 

Walaupun masih di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini yang belum berakhir, kegiatan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. (Dispenad)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif Sambut Putusan Sengketa Pemilu MK

Oleh: Miya Dewi Editora: Ida Bastian Portalindonews.com – Segenap elemen bangsa wajib saling menjaga situasi …