Satgas Citarum Sektor 8, Edukasi Anak Sejak Dini Cintai Lingkungan

PORTALINDONEWS.COM, Kabupaten Bandung – Satgas Citarum Sektor 8 oftimalkan nilai manfaat Taman Terbuka Hijau yang terbentang sepanjang 200 meter di bantaran Sungai Citarum Kp. Daraulin Desa Nanjung, Kecamatan Cimahi Selatan. Salah satunya memberikan bimbingan kepada anak-anak Sekolah Dasar untuk mencintai lingkungannya melalui mengambar di Taman Terbuka Hijau.

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media seusai melaksanakan lari pagi di Stadion Siliwangi Jl. Lombok No. 10 Kota Bandung Jawa Barat, Sabtu (08/10/2022).

Dikatakannya lebih lanjut, Satgas Sektor 8 Citarum terus berupaya memaksimalkan manfaat keberadaan Taman Terbuka Hijau. Selama ini keberadaan Taman Terbuka Hijau dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaksanakan senam bersama, kumpul-kumpul bersama keluarga menikmati alam terbuka dan juga dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mengais rezeki dengan berjualan makanan.

“Kini Taman Terbuka Hijau juga dijadikan sarana mengedukasi anak-anak usia dini untuk mencintai lingkungan melalui kegiatan menggambar langsung di alam terbuka berlangsung Kamis (06/10), diharapkan dengan berinteraksi langsung dengan alam, anak-anak secara perlahan dididik untuk mengenal bagaimana memelihara dan menjaga lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Dansektor 8 Citarum Harum Kolonel Arm Nursamsudin saat dikonfirmasi melalui seluler mengatakan bahwa, sengaja dirinya menyelenggarakan aktivitas menggambar bagi anak-anak SD di Taman Terbuka Hijau dalam upaya mengedukasi anak-anak usia dini menjaga lingkungan khususnya sungai Citarum, salah satu yang sederhana yaitu menanamkan pada anak-anak untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai.     

“Aktivitas menggambar di alam terbuka merupakan metode yang menyenangkan sekaligus mengedukasi mereka untuk mencintai dan melestarikan lingkungan. Mengenalkan anak pada lingkungan semenjak dini sangat bermanfaat dan merupakan salah satu cara menstimulasi perkembangan anak,” jelas Dansektor.

Dikatakannya juga memberikan edukasi dengan mengajak anak-anak bermain di alam terbuka akan memberikan gambaran nyata cara mencintai lingkungan. Mengenalkan mereka pada berbagai jenis makhluk hidup ciptaan Tuhan yang harus dijaga akan menambah rasa cinta mereka terhadap lingkungan.

Menurutnya, dengan merangkul anak anak usia dini, akan diperoleh generasi yang akan datang paham akan pentingnya merawat sungai Citarum sebagai bagian dari kehidupan. (Pendam III/Siliwangi).

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Tingkatkan Sumber Pangan,Babinsa Koramil 1714-01/Mulia Bantu Warga Siapkan Lahan Perkebunan

portalindonews.com, Puncak Jaya ~ Dalam Kegiatan kali ini, Babinsa Koramil 1714-01/Mulia Serda Brayen membatu masyarakat …