TNI AD Merajai Lomba Kreativitas Prajurit/PNS Lingkungan TNI dI Dislitbang AU

PORTALINDONEWS.COM, JAKARTA – TNI Angkatan Darat merajai lomba kretivitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknotogi (KCT) dan Karya Tu!is IImiah (KTI) dalam rangka memperingati HUT ke 76 TNI tahun 2021, pelaksanaan final di Dislitbang TNI AU tanggal 22 September 2021 di Madislitbang AU Bandung yang dirajai dan dikuasai oleh TNI AD. Pemenang finalis KCT dari Kopassus menjuarai juara I dan Poltekad Juara II dan harapan II serta Finalis KTI menjuarai juara II.

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, selaku penanggung jawab pada lomba kreativitas Prajurit dan PNS dalam bentuk KCT dan KTI pada tingkad Angkatan Darat, merasa terharu dan bangga atas prestasi yang diraih oleh Finalis KCT maupun KTI duta Angkatan Darat yang diwakili finalis dari Kopasus dan Poltekad serta Kodam XVIII/Kasuari dengan Finalis Aster Kasdam XVIII/Kasuari, yang telah mendapatkan tempat yang terhormat dan merajai pada lomba kreativitas Prajurit/PNS dalam bentuk lomba Karya Cipta Tekonologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam rangka memperingati HUT ke 76 TNI tahun 2021.

” Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba yaitu Juara Lomba Karya Cipta Teknologi ( KCT ). Juara I (satu) Kapten Cpl Ade Kusnadi dari Kopassus : Pembuatan Prototipen Senjata DMR (Designated Marksman Refile) Commando Rifle 2, Juara II (dua) Kolonel Arh. Dr. Ir. Nur Rahman, SM.MT dan tim Poltekad pembuatan Prototype Robot Tempur dilengkapi senjata SS-2, peluncur Roket, deteksi Ranjau dan Kamera Termal untuk mendukung tugas OMP dan OMSP. Juara III (tiga) : Sathar 21 Depohar 20 Lanud Iswahyudi Rancang Bangun Performance Indikator tes set Pesawat F16 (TNI AU). Juara harapan I (satu) : Sathar 24 Depohar 20 Lanud Iswahyudi Rancang Bangun Multi Test Set UAV Aero Star BP. (TNI AU). Juara harapan II (dua) Letkol Arh Tuharno dan Tim dari Poltekad : Rancang Bangun Rompi anti Peluru level III A berbasis komposit serat Abaka, HGM, EPOXI, dan serat Karbon. Juara harapan III (tiga) Tim bengkel SBM/RL Sathar 42 Depohar 40 Lanud Sulaiman : RB Flight Track Monitoring System secara terintegrasi gunakan PPTP (TNI AU). Juara Karya Tulis Ilmiah (KTI), Juara I (satu)TNI AU a.n. Mayor Tek Y.H. Yogaswara., Ph.D Judul Konsepsi Reorganisasi Dislitbang Angkatan dalam rangka mendukung Perpres Nomor 33 Tahun 2021 tentang BRIN serta membangun sistem akuisisi pertahanan. Juara II (dua) TNI AD a.n. Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan (Aster Kasdam XVIII/Kasuari) Judul Strategi Penguatan Binter Sat BKO di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dihadapkan pada situasi dan kondisi Provinsi Papua Barat, Juara III (tiga) TNI AU a.n. Letkol Tek Girjo Rahmanto Judul Permodelan Transfer Teknologi Pada Proses Pengadaan Alutsista Guna Tercapainya Kemandirian Inhan Nasional Dalam Rangka Terwujudnya Pertahanan Indonesia Yang Kuat, Juara harapan I (satu) TNI AL a.n. Kapten Laut (T) Nugroho Adi Putro judul Analisa Performa Pemasangan Propeller Boss Cap Fins (PBCF) pada propeller kapal selam klas Nagapasa dengan metode CFD, Juara harapan II (dua) TNI AU a.n. Kolonel Sus Drs. Ainur Rofiq, M.si. judul Konsepsi Penerapan Transformasi Air Power di Komando Operasi Udara Nasional guna menegakan kedaulatan wilayah udara yuridiksi nasional, Juara harapan III (tiga) TNI AU Letkol. Tek. Rahmat Hudaya, ST.,M.Han judul Kajian Aplikasi Total Productive Maintenance dalam manajemen pemeliharaan TNI AU untuk mengurangi terjadinya kegagalan pada pesawat terbang (study kasus pemeliharaan pesawat C-130 Hercules), ” ujarnya.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa ke depan TNI AD akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan lomba kreativitas Prajurit/ PNS dalam bentuk lomba Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam rangka memperingati HUT ke 76 TNI tahun 2021 lingkungan TNI.

” Para finalis yang telah menjuarai terutama dari TNI AD hendaknya komitmen untuk tetap kreatif dalam mengembangkan hasil-hasil kreativitasnya baik KCT maupun KTI yang telah didapatkan untuk lebih berinovasi untuk pengembangan dan kemajuan TNI AD, ” pungkasnya. 

Pemenang lomba Lomba Karya Cipta Teknologi ( KCT ) dan Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) mendapatkan piagam penghargaan dan piala serta hadiah uang tunai masing-masing Hadiah Uang Pembinaan Juara Lomba KCT juara I 25 jt, juara II 20 jt, juara III 17.5 jt, juara harapan I 15 jt, juara harapan II 12.5 jt, juara harapan III 10 jt, Hadiah Juara Lomba KTI, juara I 20 jt, juara II 15 jt, juara III 12.5 jt, juara harapan I 10 jt, juara harapan II 7.5 jt, juara harapan III 5 jt diserahkan usai acara penutupan lomba Lomba Karya Cipta Teknologi ( KCT ) dan Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) kepada perwakilan di Dislitbang AU. (Dispenad)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Mengutuk Sederet Kebiadaban KST Papua, Bunuh Danramil hingga Kepala Kampung

Oleh: Yeskiel Rawai Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua terus …