TNI Gelar Upacara Bendera Bersama Pelajar SD Dan SMPN Satu Atap Di Distrik Iwur Papua

PORTALINDO.CO.ID, Iwur – Personil Kodim 1715/Yahukimo yang sedang melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas RI – PNG di Distrik Iwur Kab. Pegunungan Bintang menggelar Upacara Bendera bersama guru dan Siswa/i SDN dan SMPN Satu Atap Iwur, Senin (17/10).

Upacara yang digelar ini merupakan upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang pertama kalinya bagi siswa/i SDN dan SMPN Satu atap Iwur. Bersama dengan Pos Pamtas RI-PNG Kodim 1715/Yahukimo, upacara ini dilakukan juga sebagai contoh bagi siswa tentang tata cara pelaksanaan upacara bendera.

Meskipun melewati medan yang cukup sulit bagi para siswa/i untuk mencapai sekolah, namun tidak mematahkan semangat mereka untuk hadir mengikuti Khidmatnya Upacara Pengibaran Perdana Sang Merah Putih disekolah mereka.

Danpos Iwur Serka Lukas Sosomar menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Perintah Komandan Kodim 1715/Yahukimo demi menanamkan Wawasan Kebangsaan dan rasa cinta tanah air kepada generasi muda Indonesia yang berada di daerah perbatasan RI – PNG sesuai program Pembinaan Teritorial Satuan Kodim 1715/Yahukimo.

“Adapun kegiatan lain yang kami laksanakan hari ini di kelas yaitu memberi pemahaman kepada Siswa/i SMPN Satu Atap Iwur dengan materi Wawasan Kebangsaan yang didalamnya juga terdapat contoh-contoh sikap tanah air seperti menggunakan produk dalam negeri, belajar sungguh – sungguh sehingga bisa ikut mengharumkan nama bangsa melalui prestasi,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDN Satu Atap Iwur Bapak Willem B. Oropka Selaku pembina upacara menyampaikan terima kasih kepada Pos Kodim 1715/Yahukimo, karena selama ini personel pos selalu berganti tetapi tidak ada yang mengajari anak-anak melaksanakan Upacara Bendera.

“Kami harap upacara kali ini bisa menjadi contoh buat siswa – siswi kami, untuk dapat melaksanakan Upacara pada setiap hari senin. Kami juga sangat berharap perhatian dari pemerintah daerah dan perhatian penuh pemerintah pusat untuk memperhatikan Setiap Sekolah yang ada di wilayah Perbatasan NKRI. Khususnya wilayah Kab. Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung Dengan Negara PNG,” katanya.

“Akhirnya Terimakasih buat Pimpinan TNI di Jakarta, di Jayapura dan Kodim 1715/Yahukimo yang anggotanya sudah mengajarkan banyak hal baik kepada masyarakat selama bertugas di Distrik Iwur,” tukasnya.

Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool, S.Sos., saat dihubungi menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel Pos Pamtas RI – PNG Distrik Iwur yang sudah melaksanakan tugas dengan baik.

“Dengan adanya pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih yang pertama kali dilaksanakan oleh SDN dan SMPN 1 Atap Iwur dapat menambah kecintaan kepada Negara Republik Indonesia dan memupuk jiwa nasionalisme terhadap generasi – generasi muda,” katanya.

Dandim mengharapkan, kegiatan seperti ini dapat dilakukan juga oleh satuan jajaran lain yang ada di wilayah Kodim 1715/Yahukimo.

“Dan kegiatan ini saya harapkan tidak hanya bersifat simbolis saja, tetapi harus dilaksanakan secara terus menerus dengan memberikan motivasi yang membangun kecerdasan bangsa di wilayah-wilayah terpencil seperti Distrik Iwur. Sebab kehadiran TNI harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya,” pungkasnya. (Penrem 172/PWY)

About Portalindonews

Check Also

Antisipasi Terjadinya Tawuran, Babinsa Peltu Erwin Berikan Nasehat Pada Warga Binaan

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Babinsa Peltu Erwin anggota Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta Barat …