Astagfirullah, Uang Zakat ASN Rp 1,1 Miliar Ditilap

Portalindonews.com, Riau Mantan bendahara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau berinisial M. tilap uang Zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Riau sebesar Rp 1,1 miliar.

Hal ini terbongkar karena dari adanya ketidak sesuaian penyetoran zakat dari Bapenda Riau dengan catatan penerimaan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.ungkap Kepala Bapenda Riau Syahrial Abdi.

“Seharusnya yang diserahkan totalnya Rp 1,4 miliar, tetapi, dalam catatan penerimaan zakat di Baznas Riau hanya Rp 335 juta, Kami sudah mengonfirmasi dan benar terjadi ketidak sesuaian zakat dari Bapenda.”terang Syahrial pada wartawan. Rabu (2/2/22)

Dirinya menambahkan, pihaknya telah melakukan tindakan internal serta pemeriksaan dan oknum yang bersangkutan telah mengakui perbuatannya.

“Dia mengakui perbuatannya dan berkomitmen untuk mengganti kekurangan setoran zakat tersebut,”lanjutnya.

Syahrial mengatakan, berdasarkan pengakuan M dana sebanyak Rp1,1 milliar digunakan untuk kebutuhan pribadi.

“Aliran dana digunakan untuk kebutuhan pribadi. Terkait pidana itu tergantung hasil pemeriksaan inspektorat,” ujarnya.

Pihak Bapenda Riau sudah melaporkan kepada pimpinan dan sudah ditindak lanjuti melalui pemeriksaan dari jajaran Inspektorat.

Syahrial berharap ada keadilan dalam mengambil tindakan dan memastikan dalam pemeriksaan inspektorat merekomendasikan apa yang seharusnya diterima M. Atas kejadian ini.

Gubernur Riau, Syamsuar telah mengeluarkan surat edaran baru terkait mekanisme penyaluran zakat, yaitu dengan langsung melakukan pemotongan uang dari rekening ASN dan langsung masuk ke rekening Baznas tanpa ada perantara melalui bendahara. (Red)

About Portalindonews

Check Also

8 Pelanggar Pedagang Kaki Lima di berikan Sanksi Kartu Kuning dari Satuan Polisi Pamong Praja KecamatanTamansari

  Jakarta ,Portalindonews.com – Satuan Polisi Pamong Praja Tamansari terus gencarkan operasi penertiban pada pedang …