Bupati Toba Buka Pelatihan Barista di Hollywood Cafe

PORTALINDONEWS.COM, BALIGE- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Kabupaten Toba melatih cara mengolah kopi yang enak bertempat di Hollywood Cafe, Balige, Jumat (25/08/2023). Bupati Toba, Poltak Sitorus membuka pelatihan tersebut, yang diikuti oleh 20 peserra dari 3 kecamatan, yakni Kecamatan Balige, Tampahan dan Laguboti.

Saat menyampaikan sambutan dan bimbingannya, Poltak Sitorus menekankan agar peserta benar-benar mengikuti pelatihan yang berlangsung hingga tanggal 29 September mendatang. “Yang pintar itu banyak bertanya. Jadi jangan sia-siakan pelatihan ini,” ujar Poltak Sitorus mengawali sambutannya.

Bupati juga menyampaikan bahwa pelatihan ini harus benar-benar berhasil dengan menghasilkan barista yang profesional. Jangan hanya sekadar menghabiskan anggaran tanpa hasil yang maksimal. “Saya ingin hasil dari pelatihan ini nanti, di Toba ada barista profesional. Harus mengarah ke profesional. Jangan hanya menghabiskan anggaran,” katanya melanjutkan.

Untuk menghasilkan barista yang profesional, maka peserta harus benar-benar belajar dan mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh hingga mampu mengenal jenis dan karakter kopi. “Barista itu harus tau kopi. Karena kalau tidak tau, bagaimana nanti menjelaskan kopi ini begini, kopi ini begini. Harus bisa menjelaskan kopi itu,” lanjutnya.

Saat ini, bisnis kopi kian menggurita karena kenaikan trend ‘Ngopi’ dikalangan anak muda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya kopi hanya identik dengan minuman orang tua, kini kopi sudah semakin trend dikalangan anak muda, khususnya kalangan usia 20-an tahun.
“Bisnis kopi semakin berpeluang karena trend minum kopi terus meningkat bahkan sejak usia 20-an tahun. Banyak sekarang mahasiswa senangnya minum kopi. Apalagi sekarang Toba masuk dalam kawasan DPSP ( daerah pariwisata super prioritas), pasar semakin luas,” Tandas Poltak Sitorus .

Untuk menghadapi para wisatawan, Poltak Sitorus juga meminta agar para peserta pelatihan harus benar-benar belajar soal sikap, attitude, keramah-tamahan. Menanggapi hal tersebut, Ludi Antoni Manik, Master Trainer yang melatih para peserta mengatakan bahwa pada pelatihan tersebut, mereka akan menyampaikan 9 materi. Dari 9 materi tersebut hanya 3 materi yang berhubungan dengan kopi, sedangkan 6 materi lainnya adalah soal attitute.

Turut hadir Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Requel Hasadaan, Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Sekretaris Dinas Perindagkop Manuntun Sagala, Sekcam Kecamatan Balige Noval Pardede,dan lainnya.(Red)

About Portalindonews

Check Also

Perkosa Gadis Pelajar, Tiga Pemuda Bejat di Amankan Polres Demak

Portalindonews.com, Jawa Tengah, Demak – Seorang gadis pelajar di perkosa 3 pemuda biadab yakni Eko …