Dandim 1703/Deiyai Inisiasi Kembali Pentingnya Pangan Lokal

PORTALINDONEWS.COM, Deiyai ~ Tingkatkan potensi pangan lokal, Dandim 1703 Deiyai mengajak untuk menanam berbagai tanaman asli Papua di sekitar rumah, lahan kosong, baik lahan pekarangan rumah maupun kebun, tergolong sangat luas bagi masyarakat Provinsi Papua Tengah, khususnya di wilayah Kabupaten Deiyai dan Paniai.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1703 Deiyai, Letkol Inf I Wayan Deddy Suryanto, S.E, saat hadir sebagai narasumber dalam acara Dialog Interaktif Nabire Menyapa, pada Rabu (13/3/2024).

Dijelaskan Letkol Inf I Wayan Deddy, Di bidang ketahanan pangan, TNI khususnya Kodim sifatnya membantu Pemda dan masyarakat dengan mulai bergerak menanam dari halaman tempat tinggal.

“Banyak yang bisa dimanfaatkan untuk ditanam di sekitar kita yaitu ubi-ubian, nanas, terong belanda, cabe, sayur dan aneka tanaman bermanfaat dan buktinya kami bisa bagi-bagi hasilnya kepada masyarakat sekitar pegunungan,” ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan, dengan kolaborasi pelaksanaan ketahanan pangan yang baik di masing masing wilayah, maka masalah pangan dan stunting bisa teratasi dengan baik.

“Masalah stunting, masalah kebahagiaan itu awalnya dari makanan, pangan lokal kita tidak kalah gizinya dibanding pangan lainnya, jadi ayo kembali ke pangan lokal, dan kami Kodim 1703/Deiyai telah memulainya,” jelasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Program AMANAH Fasilitasi Maksimal UMKM Aceh Lewat Pemberdayaan Pemuda

Oleh : Marwah Zakiyati  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan …