Dansektor 19 Ajak Gotong – Royong Lestarikan Lingkungan Sungai Citarum, Dengan Penanaman Pohon

PORTALINDONEWS.COM, Karawang – Anggota Satgas Citarum Sektor 19 lakukan penanaman pohon di lahan tanaman produktif Sungai Citarum, Rabu (7/4/21).

Hal tersebut dilakukan demi menjaga kelestarian sungai dan mengantisipasi jebolnya tanggul sungai citarum di wilayah Perumahan Karaba, RT 05 / RW 009, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.

Penanaman dilakukan oleh para anggota satgas citarum harum sektor 19 bersama aparat desa, para tokoh masyarakat, mitra satgas citarum, serta masyarakat peduli lingkungan dan sungai citarum.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Sektor 19, Kolonel Chb Widodo, Danki Sektor 19 Serma Suprianto, Dansub sektor 7/Telukjambe, Serka Suradi, Kelapa Keamaan KIIC Bambang Sugeng, tokoh Masyarakat Budi Georn.

Komandan Sektor 19 Satgas Citarum Harum, Kolonel Chb Widodo menegaskan, peran Satgas Citarum Harum dalam kegiatan ini agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersamaan, gotong-royong menjaga kelestarian sungai citarum serta memperhatikan kebersihan lingkungan.

“Penanaman pohon ini juga adalah salah satu upaya dalam melestarikan sungai citarum, karena jika tidak ditanami pepohonan, khawatir tanggul lama – lama akan tergerus dan kemudian jebol,” ujarnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam hari ini diantaranya pohon mangga, pohon bambu, serta beberapa jenis pohon lainnya seperti, pohon mahoni, pohon al basiah, pohon salam, pohon kecapi.

“Mari kita bersama – sama menjaga serta melestarikan sungai citarum yang merupakan warisan dari nenek moyang kita yang kemudian akan diwariskan kembali oleh kita kepada anak cucu kita,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh Masyarakat Budi Georn mengucapkan terima kasih kepada Satgas Citarum Harum yang telah sudah peduli terhadap kelestarian alam.

“Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Citarum Harum, semenjak adanya Satgas Citarum Harum lingkungan kami terjaga kebersihannya, sungai citarum pun sudah terbebas dari limbah pabrik, dan tanah tanggul tidak longsor lagi berkat adanya tanaman yang ditanam,” ujar Budi Georn, selaku Tokoh Masyarakat Perum Karaba.

Sementara itu, Bambang Sugeng, selaku Kepala Keamanan mewakili KIIC mengatakan, kami dari sisi industri sangat mendukung kegiatan penanaman pohon khususnya pohon pohon keras untuk pelestarian sungai, dirinya berharap dengan kegiatan ini bisa menjadi berkesinambungan serta dibutuhkan peran serta masyarakat sekitar untuk merawat pohon yang ada yang nantinya bisa dinikmati oleh anak dan cucu kita, kata Bambang. (Red).

About Portalindonews

Check Also

Pembangunan IKN Berkomitmen Bentuk Keharmonisan Manusia dan Alam

Oleh: Kila Diajeng  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pada tahun 2019, pemerintah mengumumkan rencana monumental …