Direktur Waskoban Kemendagri Dilantik Menjadi Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta – Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara (Waskoban) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, dilantik menjadi Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Pelantikan dilakukan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, di Aula Serba Guna Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia Jakarta, Kamis (13/10/2022), berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 123/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 6 Oktober 2022. 

Thomas dilantik bersama empat Pejabat Tinggi Madya Otorita IKN lainnya, yang terdiri atas Achmad Jaka Santos Adiwijaya, sebagai Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara; Muhammed Ali Berawi, sebagai Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara; Myrna Asnawati Safitri, sebagai Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara; dan Ida Bagus Nyoman Wiswantanu, sebagai Kepala Unit Hukum dan Kepatuhan Otorita Ibu Kota Nusantara. 

Kelima Pejabat Tinggi Madya Otorita IKN resmi bertugas usai pembacaan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas serta berita acara pelantikan. Bertindak sebagai saksi Deputi Bidang Administrasi, Sekretariat Kabinet, Farid Utomo dan Deputi Bidang Perundang-undangan dan Administrasi Hukum, Kementerian Sekretariat Negara, sekaligus anggota Tim Transisi Perpindahan IKN Lydia Silvanna Djaman. 

Sebagai Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Thomas diharapkan segera melengkapi timnya untuk dapat segera bergerak membangun IKN. Sebagaimana arahan yang disampaikan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam sambutannya, dilansir dari setkab.go.id. 

“Saya memberikan target bahwa bulan November, minimum essensial force istilahnya, jumlah yang minimum kita untuk mulai up and running Otorita ini segera dipenuhi. Itu sebabnya segera setelah ini mungkin tidak ada kata santai, santuy enggak ada gitu ya, malah gercep, gitu ya, gerak cepat. Jadi silakan mencari putra-putri bangsa yang terbaik yang ingin bergabung di Otorita dan lengkapi minimum essensial force sehingga bulan depan kita sudah bisa insyaallah up and running,” ujarnya. 

Lebih khusus, Bambang juga menekankan kepada jajarannya mengenai pentingnya menjaga Environmental Social and Governance (ESG). Ia meyakini, organisasi yang mempunyai ESG yang baik dari awal akan semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan, pendanaan, serta partner baik dari domestik maupun internasional. 

“Itu akan sangat lebih mudah kalau kita punya track record ESG yang baik. Jadi saya mohon ini benar-benar zero tolerance untuk ESG ini,” sambungnya. 

Bambang juga meminta jajarannya untuk melakukan komunikasi, koordinasi, konsolidasi, dan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, mulai dari kementerian/lembaga hingga berbagai elemen masyarakat. 

Menanggapi peran barunya, Thomas Umbu Pati yang sebelumnya menduduki jabatan Wakil Ketua Bidang Koordinasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Tim Transisi Ibu Kota Nusantara ini, akan memastikan semua kegiatan pembangunan dilaksanakan berdasarkan Rencana Induk dan Perincian Rencana Induk serta Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Nasional (KSN) IKN. 

“Tugas utama yaitu mengendalikan semua kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Otorita IKN dan memastikan semuanya terlaksana berdasarkan rencana induk dan perincian rencana induk serta Rencana Tata Ruang KSN IKN,” menurut Thomas dilansir dari selatanindonesia.com. 

Dengan posisi barunya, pria berdarah Sumba yang mengawali karir birokrasinya pada Protokoler Setda Provinsi NTT ini juga melepaskan jabatannya sebagai sebagai Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

Hadir juga dalam pelantikan ini antara lain Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe serta W

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …