Dishub Provinsi Jawa Barat Laksanakan Inspeksi Keselamatan Kendaraan Jelang Malam Pergantian Tahun 2022-2023

PORTALINDONEWS.COM, Kab Bekasi – Menjelang pergantian Tahun Baru 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat melakukan Ramp Check atau inspeksi keselamatan kendaraan umum di Terminal Cikarang, pada Selasa (27/12/22). 

Kasubbag Tata Usaha UPTD Wilayah 1 Dishub Provinsi Jawa Barat, Dian Adisujana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa kelaikan kendaraan serta memeriksa kelengkapan surat-suratnya, untuk keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

“Ya, ramp check ini untuk menjamin keselamatan para penumpang angkutan umum guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas,” katanya. 

Dian menjelaskan, dari pemeriksaan yang dilakukan secara intensif di Terminal Cikarang, ada beberapa kendaraan yang surat-suratnya kurang lengkap.  

“Seperti tidak ada buku uji kelayakan kendaraan (KIR) dan kondisi kendaraan yang tidak laik. Kendaraan seperti itu tidak bisa beroperasi,” terangnya. 

Dian menyampaikan, kegiatan ramp check di Terminal Cikarang dilakukan terhadap 8 kendaraan bus besar jenis Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan 4 kendaraan bus besar jenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). 

“Tadi yang diperiksa sebanyak 8 kendaraan yang layak jalan dan 4 kendaraan yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kendaraan yang tidak layak jalan, yang nantinya akan disesuaikan dengan SOP serta persyaratannya harus dilengkapi dan diperbaiki secepatnya,” terangnya. 

Selain di Terminal Cikarang, petugas Dishub Jawa Barat juga melakukan ramp check di berbagai terminal di wilayahnya, untuk memastikan keamanan kendaraan dalam rangka persiapan Libur Tahun Baru 2023.

(Rachmat)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Tekan Inflasi, Pj Bupati Tapanuli Utara Melakukan Sidak Pasar 

Portalindonews.com, Taput – Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara Dr. Dimposma Sihombing, S.Sos, M.AP didampingi Pj. …