Giat Penyuluhan DBD, Babinsa Sertu Rusnanto Adakan Pendampingan

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bertempat di Aula SMAN 17 Jakarta Jalan Mangga Besar IV i RT. 06/01 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat pada hari Selasa, 30 April 2024 berlangsung kegiatan Kopi Sari dalam rangka penyuluhan perang melawan Aedes aegypti Evaluasi DBD.

Hadir dalam giat tersebut Kasi Kesra Kecamatan Tamansari Bapak Ipnu, Lurah Tamansari bapak Abd Malik Raharusun, Kasi Kesra Kel. Tamansari Bapak Junaedi, Babinsa Sertu Rusnanto, Babinkamtibmas Aiptu A Budiono, Ketua RW SeKel.Tamansari, Perwakilan Ketua RT, Kader Jumantik SeKel.Tamansari dan
Kader PKK serta FKDM.

Menurut Babinsa Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/JB, Sertu Rusnanto, kegiatan ini dengan Narasumber : Kepala Pukesmas Kelurahan Tamansari, dr Dina Herdiana.

Adapun paparannya,  DBD disebabkan oleh Virus dengue dan ditularkan melalui gigitan & hisapan nyamuk Aedes Sp. Pencegahan melalui PSN 3M : Pemantauan Jentik Berkala, surveilans, sosialisasi.

Kegiatan PSN 3M Plus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan, dengan pelaksanaan sekurang-kurangnya 1 minggu sekali. Pertolongan Pertama Bila Demam : Istirahat selama demam Kompres air hangat Minum air yang banyak Minum obat penurun panas, misal: paracetamol Bila 2-3 hari Demam tidak turun atau panas turun disertai timbulnya gejala dan tanda lanjut seperti pendarahan di kulit, muntah-muntah, gelisah, mimisan, segera bawa berobat fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan dan pertolongan.

Pencegahan :
menghindari menanam tanaman hias yang dapat menampung air seperti bromelia (nanas2an). Menutup lubang-lubang/cerukan pada celah pohon mengganti air di vas bunga, fempat minum burung, dan sejenisnya minimal seminggu sekali.

Memakai losion anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk menaburkan larvasida atau memelihara ikan pemakan jemantik pada tempat yang sulit dikuras, menghindari kebiasaan menggantung pakaian, mengupayakan ventilasi dan pencahayaan yang cukup dalam ruangan dan menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk.(daeng)

About Portalindonews

Check Also

Homeyo Sudah Aman, Masyarakat Ibadah Perdana di Gereja GKI Imanuel Pogapa Pasca Pengungsian

PORTALINDONEWS.COM, Timika – Pasca masa pengungsian selama tiga minggu di luar wilayah Distrik Homeyo, Kabupaten …