Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi, Gowa Raih Penghargaan Akselarasi Capaian Kinerja Pembangunan

PORTALINDONEWS.COM, GOWA – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan di Phinisi Balroom Hotel Claro Makassar, Rabu (30/3/2022). 

Pada kesempatan tersebut Gowa berhasil meraih penghargaan Harapan I sebagai Akselerasi Pencapaian Kinerja Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018-2021 yang diserahkan langsung oleh Gubenrur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. 

Atas capaian itu, Wabup Gowa ini mengaku bangga dan mengapresiasi penghargaan yang diterimanya. Menurutnya hal ini berkat kerjasama semua pihak dalam mencapai kinerja pembangunan yang telah direncanakan tahun 2018-2021. 

“Hari ini kita mengikuti Musrenbang Provinsi sebagai salah satu tahapan dari proses Musrenbang yang dimulai dari desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten hingga provinsi. Alhamdulillah Gowa juga mendapatkan penghargaan upaya pencapaian indikator pembangunan. Penghargaan ini tentu berkat kerja-kerja seluruh pihak dan komunikasi yang selalu terjalin salam menyelesaikan rencana pembangunan yang ada,” ungkapnya. 

Ia berharap kinerja yang baik itu bisa ditingkatkan salah satunya dengan membuat perencanaan yang lebih baik lagi dan bermuara terhadap kesejahteraan masyarakat. 

“Jadi Musrenbang provinsi ini akan menerima seluruh masukan hasil dari Musrenbang kabupatan yang disesuaikan dengan program provinsi. Semoga melalui kegiatan ini perencanaan semakin baik lagi karena sangat berkontribusi dalam pencapaian target pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Abd Rauf. 

Sementara Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan pemenang penghargaan yang diberikan kepada beberapa kabupaten/kota telah dilakukan penilaian sebelumnya dengan beberapa tahap yang melibatkan tim independen. 

“Hari ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan beberapa penghargaan dengan kriteria keterkaitan, kekonstituan, kedalaman, pencapaian, inovasi dan kesesuaian RKPD sehingga para pemenang telah dinilai oleh tim independen,” katanya. 

Selain itu ia mengaku, pelaksanaan Musrenbang Provinsi ini telah diawali dengan pelaksanaan Musrenbang kabupaten/kota pada 17-28 Maret, kemudian Rakortek Pembangunan dan Pembahasan Usulan Pokir DPRD pada 22-23 Maret. 

“Usulan ini terbagi dalam empat bidang yakni bidang infrasturuktur, perekonomian dan sumber daya alam, pemerintahan dan pembangunan manusia, penelitian dan pengembangan,” sebut Andi Darmawan. 

Turut hadir Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, seluruh kepala daerah kabupaten/kota se-Sulsel, kepala Bappeda se-Sulsel, tokoh masyarakat, forum anak, perwakilan Kementerian Dalam Negeri, dan beberapa perwakilan instansi dari kabupaten/kota.(tahri siala)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Koramil 1707-04/Kimaam Gencar Berikan PMT Untuk Tambah Dan Tingkatkan Gizi Anak

PORTALINDONEWS.COM, Merauke ~ Babinsa Koramil 1707-04/Kimaam Kodim 1707/Merauke yang dipimpin langsung oleh Sertu Datus Lobya …