Kepala BSKDN Kemendagri Pacu Kabupaten Fakfak Tingkatkan Inovasi

PORTALINDONEWS.COM, Fakfak – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto memacu Pemerintah Kabupaten Fakfak agar mampu meningkatkan inovasi daerah. Hal itu ditekankannya saat memberi arahan dalam acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Inovasi Daerah dan Kajian Roadmap Inovasi Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Senin, 29 Agustus 2022.

Dalam arahannya, Eko mengungkapkan, dalam meningkatkan inovasi dibutuhkan upaya membangun sinergi dengan berbagai pihak, baik akademisi, swasta, media, masyarakat, dan pihak terkait lainnya. Sinergi itu dibutuhkan karena pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tidak dapat mengandalkan kemampuan sendiri.

“Kita perlu bersinergi untuk membangun Kabupaten Fakfak menjadi kabupaten yang lebih baik dan lebih maju,” tambahnya

Selain itu, lanjut Eko, daerah juga tak melulu harus menciptakan suatu kebijakan yang baru untuk menghasilkan sebuah inovasi. Pemerintah daerah, kata dia, dapat mereplikasi inovasi yang dimiliki daerah lainnya, dengan menerapkan sistem amati, tiru, dan modifikasi.

“Daerah mana yang sudah melakukan (inovasi), mari kita replikasi, kita contoh, kita tiru, dan bagaimana itu menjadi roadmap kita, yang penting adalah progress (meningkatkan inovasi),” ujar Eko.

Dalam kesempatan itu, Eko juga mengajak seluruh peserta yang hadir agar berperan dalam meningkatkan inovasi. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Kabupaten Fakfak.

Sementara itu, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom mewakili Bupati Kabupaten Fakfak menyambut baik kegiatan sosialisasi dan bimtek tersebut. Dalam sambutannya, dirinya sangat berterima kasih kepada BSKDN Kemendagri karena telah berkenan membimbing serta membantu jajaran perangkat daerah di Kabupaten Fakfak untuk meningkatkan dan memperkuat sistem inovasi daerah.

Yohana juga meminta kepada para peserta yang terdiri dari jajaran OPD Kabupaten Fakfak untuk menyimak secara saksama materi yang disampaikan setiap pembicara.

“Mengingat inovasi sudah menjadi kebutuhan pemerintah daerah, ini adalah kesempatan yang berharga untuk menimba sebanyak mungkin pengetahuan terkait inovasi, agar daerah kita nanti dapat menjadi daerah yang lebih maju lagi dengan inovasi,” pungkasnya.***

About Portalindonews

Check Also

Koramil 1707-04/Kimaam Gencar Berikan PMT Untuk Tambah Dan Tingkatkan Gizi Anak

PORTALINDONEWS.COM, Merauke ~ Babinsa Koramil 1707-04/Kimaam Kodim 1707/Merauke yang dipimpin langsung oleh Sertu Datus Lobya …