Mendagri Dorong Pemkab Rote Ndao Fokus Benahi Sistem Kesehatan

PORTALINDONEWS.COM, Rote Ndao – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk fokus membenahi sistem kesehatan. Tujuannya, agar masyarakat dapat memiliki fasilitas serta jaminan kesehatan yang optimal.

Mendagri menambahkan, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu program nasional yang terus dipacu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, Pemkab Rote Ndao diminta memperhatikan fasilitas kesehatan di wilayahnya. Sebab, upaya ini diyakini bakal memperkuat kualitas kesehatan masyarakat.

“Klinik-klinik kesehatan yang kurang bagus dicek satu per satu dan anggaran 10 persen kesehatan itu betul-betul (agar) tepat sasaran. Jangan sampai ada kebocoran,” ujar Mendagri pada acara Toast Kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Nemberala Beach Resort, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Rabu (17/8/2022) malam.

Mendagri menambahkan, pembenahan kesehatan masyarakat itu dapat dilakukan salah satunya melalui pendataan terhadap ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun. Kalangan tersebut perlu didata berdasarkan nama dan alamat, agar dapat diketahui ketercukupan nutrisinya. Pasalnya, ketercukupan nutrisi menjadi modal penting untuk mencegah terjadinya stunting.

Lebih lanjut, Mendagri menjelaskan, 1.000 hari pertama kehidupan merupakan waktu yang kritis karena sangat menentukan tumbuh kembang bayi, terutama untuk perkembangan otak dan tubuh. Karena itu, dalam masa-masa tersebut, Mendagri meminta jajaran pemerintah mulai dari kabupaten, kecamatan, hingga desa, agar memberikan perhatian kepada ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun, melalui pemenuhan nutrisinya.

“(Pemenuhan) nutrisi ini sebetulnya dengan potensi sumber daya alam yang ada. Tadi swasembada beras, di sini juga ada produk unggulan yang di daerah lain tidak banyak. (Di sini terdapat) superfood yang namanya sayuran kelor. Kelor itu adalah superfood karena mengandung banyak sekali vitamin,” terang Mendagri.

Apalagi, di samping ketersediaan ikan yang melimpah, di Kabupaten Rote Ndao juga terdapat banyak peternakan ayam dan sapi. Dengan bekal itu, pemerintah daerah setempat dinilai dapat mencukupi pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun.

“Tolong program ini betul tepat sasaran karena ini menyangkut generasi ke depan dan menyangkut masa depan Kabupaten Rote Ndao mendatang. Masa depan Kabupaten Rote Ndao mendatang tidak ditentukan oleh kita yang (sekarang) ini, tetapi ditentukan oleh anak-anak masyarakat Rote Ndao,” pungkasnya.

Puspen Kemendagri

About Portalindonews

Check Also

Babinsa Koramil 01/Tamansari bersama Jajaran Kelurahan Tangki Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bertempat di Kantor Sekretariat RW 02 Kelurahan Tangki Jalan …