Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur Wakil Pemerintah Pusat (GWPP)

PORTALINDONEWS.COM, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Safrizal, ZA membuka secara resmi acara Rapat Sosialisasi Rancangan Instrumen Tugas dan Wewenang GWPP dan Instrumen Penilaian Indeks GWPP secara langsung di Novotel, Mangga Besar Jakarta (28/06/2022).

Dalam arahannya, Dirjen Bina Adwil menyampaikan bahwa Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat memiliki peran dalam mensinergikan berbagai sasaran dan tujuan antar wilayah atau daerah untuk menghasilkan berbagai kebijakan dan strategi yang mendukung pencapaian program strategis nasional, salah satunya Pemulihan Ekonomi Nasional. Salah satu kunci dalam pemulihan ekonomi nasional yaitu Perencanaan dan Pembangunan Kawasan Strategis Nasional dan Kawasan Ekonomi Khusus, termasuk di dalamnya kawasan perbatasan negara.

Hal tersebut sejalan dengan 2 (dua) tugas baru GWPP yang dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2022 yaitu 1) Koordinasi kegiatan pemerintahan dan pembangunan antar daerah provinsi dan daerah Kabupaten/Kota dan antar daerah Kabupaten/Kota di wilayahnya (Melalui peningkatan daya saing wilayah berbasis kawasan dan strategis nasional) dan 2) Koordinasi pelaksanaan pembangunan kawasan perbatasan dimana kedua tugas tersebut secara teknis dibina oleh Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara.

Melalui Rapat ini, Subdit Fasilitasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat, Direktorat Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama bekerja sama dengan Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara berupaya untuk memberikan penjelasan teknis terkait mekanisme pelaksanaan tugas dan wewenang, output, outcome dan data yang dibutuhkan terkait pelaksanaan 2 (dua) tugas tersebut. Pada kesempatan ini pula, akan dijelaskan secara detail terkait instrumen pelaksanaan tugas dan wewenang yang disampaikan oleh Pembina Teknis di pusat.

Pada sesi kedua akan dibagi menjadi dua desk. Desk I pembahasan terkait Perbatasan dengan pemateri dari Kementerian PPN/Bappenas dan Biro Perencanaan BNPP dan peserta dari Bappeda Provinsi serta BPPD atau Badan yang menangani terkait pengelolaan perbatasan di daerah. Sedangkan Desk II membahas terkait Kawasan dengan pemateri dari Direktur Perwilayahan Industri Kemenperin, Asisten Deputi Penguatan Daya Saing Kawasan Kemenko Perekonomian, dan Sekretariat Dewan Nasional KEK dengan peserta dari Biro yang membidangi pembangunan kawasan di Sekretariat Daerah Provinsi Seluruh Indonesia.

Subdit Fasilitasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat

About Portalindonews

Check Also

Kasdam Cederawasih Pimpin Peringatan Nuzulul Qur’an Di Masjid Al-Fajr

PORTALINDONEWS.COM, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hariyanto memimpin acara peringatan Nuzulul Quran tahun 1445 Hijriah yang …