Peran Kinerja Karang Taruna Dalam Pengembangan Kreatifitas Generasi Muda

PORTALINDONEWS.COM, Misi Utama Karang Taruna adalah bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, terutama pencegahan, rehabilitasi dan pengembangan potensi generasi muda yang dihadapi generasi muda. Fungsi yang dimaksud adalah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat untuk pengembangan kreatif sebagai generasi muda.

Peran Karang Taruna dalam membina kreativitas generasi muda antara lain mengembangkan sikap kepemimpinan dengan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap anggota Karang Taruna, dan pengelola memberikan tugas seperti melaporkan hasil kerja kelompok pada pertemuan berikutnya. Biarkan kepemimpinan tumbuh di setiap anggota. Pelaksanaan pemberdayaan berdasarkan hasil penelitian di bidang pembinaan olahraga adalah kegiatan futsal dan tenis meja yang tujuan utamanya adalah untuk mensosialisasikan para pemuda. Karena kebersamaan antar anggota akan memudahkan tercapainya tujuan karang taruna salah satunya menumbuhkan kreativitas generasi muda yang mudah untuk dicapai.

Bimbingan di bidang agama adalah pengajian remaja yang bertujuan untuk menjadikan generasi muda yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Sedangkan Pengembangan di bidang seni yaitu melalui kegiatan qasidah dan seni tari, hal tersebut dapat menumbuhkan minat dan bakat seni.

Peran yang dibahas adalah seluruh rencana kerja yang disusun atau disusun bersama seluruh komponen pengelola Karang Taruna dan disetujui oleh pemerintah desa atau perangkat desa setempat dalam rangka pengembangan kreativitas generasi muda karena rencana tersebut merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Tugas dan fungsi utama pemerintah. Organisasi kepemudaan sudah pandai mengembangkan program, namun masih belum optimal dalam mengembangkan kreativitas dalam perannya sebagai mitra pemerintah dan masih membutuhkan kerjasama berkelanjutan dari keduanya.

Nama : Winda Fitri Lestari
NIM : 212020100082
Prodi : Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

About Portalindonews

Check Also

Babinsa Koramil 01/Tamansari bersama Jajaran Kelurahan Tangki Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bertempat di Kantor Sekretariat RW 02 Kelurahan Tangki Jalan …