Peringati Harkitnas, Kapoksahli Pangdam Cenderawasih : Menatap Masa Depan dengan Penuh Optimisme, Kepercayaan Diri dan Keyakinan

Portalindonews.com – “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, merupakan tema yang diusung pada peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang secara serentak juga digelar oleh Kodam XVII/Cenderawasih dipimpin Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., M.H.I., selaku Inspektur Upacara (Irup), bertempat di Lapangan Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (20/5/2024).

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini diikuti oleh para Prajurit dan PNS TNI AD di lingkungan Makodam XVII/Cen.

Pada momen ini, Kapoksahli Pangdam membacakan amanat Menkominfo RI menegaskan bahwa realitas terpampang terang kemajuan teknologi yang melesat cepat, sehingga harus ikut berperan penting di dalamnya. Untuk itu, perlunya merefleksikan diri “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Sejarah telah membentuk kebangsaan, yang terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

“Hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu. Kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” ungkap Brigjen TNI Fauzi.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa, tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Turut hadir Para Asisten, Pa Lo AL, AU, Dan/Kabalakdam XVII/Cenderawasih dan peserta upacara prajurit beserta PNS Kodam XVII/Cenderawasih.

(Pendam XVII/Cen)

About Portalindonews

Check Also

Bersama Satgas Yonif 753/AVT Bagikan Sembako Kepada Masyarakat

PORTALINDONEWS.COM | Mewujudkan kepedulian kepada masyarakat sekitar, Pos Tinggi Nambut Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 753/AVT …