Rakorwasda di Sulsel dan Sultra, Kemendagri Dorong Penguatan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

PORTALINDONEWS.COM, Kendari – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara bertempat di Hotel Claro Makassar dan Kendari pada tanggal 14-15 Desember 2022 yang dihadiri oleh Gubernur, Bupati/Walikota, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Rakorwasda ini sebagai momentum koordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mewujudkan komitmen bersama penguatan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, dimana memiliki fokus pengawasan pada aspek pengawasan BUMD, pelayanan publik, keuangan daerah dan keuangan desa,” ujar Tomsi di Kendari di sela kunjungannya ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara 14-15 Desember 2022.

Dalam arahannya, Irjen Kemendagri mengatakan bahwa pembinaan dan pengawasan sudah harus hadir dilakukan sejak tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan evaluasi.

“Sehingga tidak terjadi hal-hal yang kita hindari bersama. Di samping itu dalam rangka peningkatan kapasitas APIP Daerah perlu dilakukan Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan secara berkelanjutan sesuai fokus pengawasan yang telah disusun,” tegasnya.

Melalui acara Rakorwasda ini, kata Tomsi, diharapkan bisa menjadi pendorong spirit bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Pemerintah Daerah untuk selalu melakukan Pembinaan dan Pengawasan mulai dari Tahapan Perencanaan hingga Evaluasi.***

About Portalindonews

Check Also

ODGJ Meresahkan Warga, Babinsa Koramil 01/Tamansari Bersama Personil Tiga Pilar Kelurahan Tangki Beraksi

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Menindak lanjuti laporan warga terkait ODGJ yang meresahkan warga, …