Tingkatkan Pelayanan Publik di Daerah, BSKDN Gelar Sosialisasi Aplikasi Puja Indah

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta – Pemerintah daerah (pemda) perlu meningkatkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Mealui inovasi, dapat meningkatkan pelayanan publik, pemberdayaan dan keterlibatan peran masyarakat, serta meningkatkan daya saing daerah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kurniasih saat mewakili Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) Layanan Pemerintah Daerah. Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid di Hotel Millennium, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Lebih lanjut Kurniasih menjelaskan, Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah merupakan pedoman pemda dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. Karenanya, pemda harus mampu memberikan pelayanan terbaik.

“Kalau Bapak dan Ibu cermati dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dalam BAB 21 ttg inovasi daerah disampaikan bahwa Inovasi harus dapat meningkatkan daya saing daerah.

Peningkatan pelayanan publik tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elekstronik (SPBE). Hal ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, transparan dan akuntabel. Dengan begitu, pelayanan publik dapat lebih berkualitas dan terpercaya.

Meski begitu, Kurniasih mengakui belum semua pemda mampu menerapkan SPBE dalam memberikan pelayanannya. Hal ini karena tak sedikit pemda yang memiliki keterbatasan baik dari bidang anggaran maupun sumber daya manusia (SDM). Karenanya, BSKDN Kemendagri terus berupaya membantu pemda dalam meningkatkan pelayanan publik, salah satunya melalui aplikasi Puja Indah yang berisi berbagai layanan inovasi.

“Kemendagri melalui BSKDN membangun platform aplikasi Puja Indah untuk membantu teman-teman daerah, agar daerah yang mempunyai keterbatasan anggaran dapat memberikan layanan pemerintahan berbasis elektronik,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, aplikasi Puja Indah telah memiliki 14 layanan. Jumlah itu di antaranya layanan perizinan, layanan kesehatan, layanan ketenagakerjaan, layanan adminduk, layanan pendidikan, layanan komoditas, layanan aspirasi, layanan trantibum, layanan pekerjaan umum, layanan administrasi pemerintahan, layanan sosial, layanan perhubungan, layanan pariwisata. Selain itu, ada pula layanan tematik berupa e-ternak.

Melalui sosialisasi ini, dirinya berharap, pemanfaatan Puja Indah dapat semakin luas, terutama bagi pemda yang memiliki keterbatasan sumber daya.

Sementara itu, dalam sosialiasi tersebut, BSKDN Kemendagri juga menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka di antaranya Direktur Pembangunan Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Mia Amalia, perwakilan dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Julia Edisa Kumala, serta perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Berbagai narasumber tersebut mengamini bahwa inovasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan pemda dalam memberikan pelayanan publik. Mereka juga mengimbau jajaran pemda agar dapat memanfaatkan layanan Puja Indah yang dibangun BSKDN Kemendagri.

Hal itu seperti yang disampaikan Mia Amalia dalam paparannya. Menurutnya Puja Indah dapat menjadi solusi pemda dalam meningkatkan pelayanan publik berbasis elektronik di daerahnya masing-masing. “Sehingga harapannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya,” jelasnya

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Julia Edisa Kumala. Dirinya berpendapat bahwa banyak sekali pekerjaan pemerintah yang dapat diatasi melalui penerapan SPBE. Oleh karenanya, sistem tersebut perlu didukung termasuk oleh pemda.

“Saat semua bisnis yang telah dikembangkan berbasis elektronik dihubungkan oleh berbagai perangkat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, maka hal tersebut dapat menghasilkan nilai tambah dan kemudahan bagi kehidupan manusia,” tandasnya.***

About Portalindonews

Check Also

Banner Iklan Komersil Tidak Memiliki Izin Pemasangan di Turunkan Satpol.PP Pinangsia

Jakarta, Portalindonews com. Selesai melaksanakan upacara bendera dalam Memperingati Hari Otonomi Daerah Menuju Ekonomi Hijau …