Hadirkan Pemuda Papua Bertalenta, BIN Melalui PYCH Sukses Gelar Pertunjukan di Jakarta

Portalindonews.com, Jakarta — Badan Intelijen Negara (BIN) melalui Papua Youth Creative Hub (PYCH) sukses besar dalam menggelar pertunjukan di Jakarta serta menghadirkan banyak para pemuda yang bertalenta di industri kreatif asal Bumi Cenderawasih.

Para seniman dan influencer menggelar pertunjukan dalam rangka HUT RI ke-78 bertemakan ‘Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia’. Acara tersebut digelar di Lapangan Benteng Jakarta, Jumat (18/8) lalu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Papua Youth Creative Hub (PYCH) selaku organisasi kepemudaan Bumi Cenderawasih binaan BIN.

Acara tersebut mengundang para seniman dari Papua yang berada di Jakarta. Di sana juga terdapat berbagai macam pertunjukan seperti musik, tari hingga stand-up comedy dari para pemuda asal provinsi paling Timur di Tanah Air itu.

Tidak hanya sampai di sana, namun terdapat pula bazar UMKM Papua yang secara khusus menjual kuliner hingga cenderamata khas Papua.

Salah satu personel Tim Musik Anak Comen (M.A.C), mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh PYCH dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 mampu semakin memberikan semangat para pemuda Papua untuk berkarya.

“Dari kita, mari dan menjadi contoh buat temen-temen anak muda Papua, seniman untuk terus berkarya, buktikan bahwa kalian bisa,” ungkap Morde.

Lebih lanjut, dirinya merasa sangat senang dan bangga karena bisa mewakili Bumi Cenderawasih.

“Senang sekali, bangga bisa mewakili Tanah Papua,” tambahnya.

Mereka juga menambahkan dan memberikan semangat kepada generasi muda Papua untuk tetap dan terus berkarya apapun yang terjadi lantaran hal tersebut akan mengantarkan mereka sukses.

“Papua tetap bisa dan terus berkarya apapun yang terjadi, jatuh bangun tetap terus berkarya, karena karya akan membawamu pada kesuksesan,” tambah Elmar salah seorang personel MAC lainnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang Youtuber, Thariq Halilintar mengapresiasi bagaimana para anak muda Papua yang mampu untuk terus berkreasi dan menuangkan kreativitas mereka bahkan dari berbagai sektor di industri kreatif.

“Di sini anak muda Papua berkumpul untuk berkreasi, untuk menuangkan kreativitasnya dari berbagai jenis dan berbagai sektor industry kreatif, dan ini luar biasa sekali,” katanya.

Thariq menambahkan bahwa dirinya juga terkesan dengan atas berbagai potensi seniman yang tergabung dalam PYCH. Menurutnya, berbagai produk PYCH, termasuk sektor UMKM, kuliner dan hasil karya cenderamata maupun fashion dapat bersaing tidak hanya di dalam negeri namun juga dapat menembus pasar internasional.

“Luar biasa, ini baju yang aku pakai aja keren banget asli buatan Papua, kainnya bagus, modelnya bagus, bisa dipakai buat manggung. Potensi musisinya gak diragukan lagi. Untuk UMKM, makannya enak-enak semua, kopinya mantap,” lanjut Thariq.

Sebagai informasi grup MAC sendiri, memang sebelumnya sudah dikenal memiliki kemampuan yang mumpuni. Bahkan, Grup musik PYCH binaan BIN tersebut telah tampil di acara peringatan HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus 2023 lalu, di Istana Negara, Jakarta.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Giatkan Ketahanan Pangan Melalui Urban Farming, Brigkav 1/ LA Buka Lahan Tanaman Cabe dan Bawang Merah

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Tangerang Selatan – Dalam rangka mensukseskan pencadangan ketahanan pangan melalui urban farming, …