Jurnalis Pelatihan Jadi Youtuber

TANGERANG –  Buah dari MoU antara Media Indefenden Online Indonesia (MIO) dengan Universitas Multi Media Nusantara (UMN) beberapa waktu yang lalu, salah satunya adalah pelatihan-pelatihan bagi anggota dan pengurus MIO, diantaranya adalah pelatihan youtuber. Pelatihan yang di gelar UMN diikuti jurnalis MIO juga peserta dari unsur lain, dan bertempat di kampus UMN, Rabu, 25 mei 2022.

Pemateri pertama, DR Indiwan Seto Wahjuwibowo, Msi, yang juga dosen komunikasi UMN dalam paparannya menyampaikan materi “Pelatihan Pengembangan Konten Youtube”:

Ia memaparkan bahwa dalam pembuatan sebuah konten tidak perlu perlengkapan yang mahal, akan tetapi bisa dilakukan dengan perlengkapan yang simple seperti Kamera, lampu dan Gimbal sudah bisa membuatnya.

Menurut Dr. Indie bahwa tidak perlu wajah cantik atau tampan untuk menjadi youtuber, yang diperlukan adalah kreatifitas, karena  wajah cantik atau tampan belum tentu menjadi youtuber yang berhasil.

“Tidak perlu cantik atau tampan untuk menjadi youtuber, akan tetapi yang diperlukan adalah kreatifitasnya,” jelas dosen gaul.

Kemudian langkah untuk menjadi youtuber adalah pertama membuat akun youtube, selanjutnya

akun google adsense dan kemudian tentukan target penonton.

Selanjutnya kata Dr. Indie, bahwa  ada yang tidak boleh (dilarang) dalam membuat konten youtube, yakni jangan membuat konten dari Plagiarisme, menghina dan mengancam, membuat prank yang berlebihan atau bahkan konten yang kontroversi.

Dalam membuat vidio diperlukan setrategi agar vidio tersebut menarik perhatian penonton, untuk itu perlu disusun setrategi yang bagus, agar menghasilkan vidio yang benar, diantaranya adalah dalam pemilihan memilih chanel, misal; chanel berita, kuliner, misteri, hiburan anak dan wanita, UMKM, pendidikan, dan dakwah. Pilih salah satu dan harus serius. Selanjutnya adalah target atau sasaran.

 Pemateri selanjutnya Veronica Kaban, memaparkan tentang Mengembangkan Konten Media Sosial. Dan Zul Tinarbuka SSn, MFA, tentang Vidio Editing. (Smartphone editing & Mobile Journalisme)

Ketua DPD MIO Kota Tangerang, Hairul saat  di wawancarai awak media mengucapakan terima kasih kepada managemen UMN yang telah melatih anggota MIO dan berharap dengan pelatihan ini bisa menambah ilmu para jurnalis hingga menjadi jariah buat yang mengamalkannya, serta kerja sama ini dapat berjalan dengan baik.

“Saya selaku ketua dan jajaran pengurus MIO Kota Tangerang, mengucapkan banyak terima kasih kepada UMN yang telah melatih para anggota DPD MIO Kota Tangerang dan anggota DPW MIO Banten. Alhamdulillah, pelatihan youtuber, jurnalis, Fotografer dan UMKM diikuti sekitar 26 peserta,” jelasnya.

Ida

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

8 Pelanggar Pedagang Kaki Lima di berikan Sanksi Kartu Kuning dari Satuan Polisi Pamong Praja KecamatanTamansari

  Jakarta ,Portalindonews.com – Satuan Polisi Pamong Praja Tamansari terus gencarkan operasi penertiban pada pedang …