KTT ASEAN, Indonesia dan Laos Sepakat Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

Portalindonews.com, Labuan Bajo – Presiden Joko Widodo dan PM Laos Sonexay Siphandone sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara dalam pertemuan bilateral saat perhelatan KTT ASEAN tahun 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam pertemuan bilateral antara kedua pemimpin negara, Presiden Joko Widodo dan PM Sonexay Siphandone membahas tentang sejumlah kerjasama ekonomi yang dijalin oleh kedua negara, antara lain dalam bidang energi maupun transportasi, ujar Menlu Retno Marsudi, Selasa 9/5/2023.

Kedua pemimpin membahas sebagian besar mengenai kerja sama ekonomi, misalnya beberapa kerjasama BUMN Indonesia, antara lain kerja sama PLN dengan Electricite Du Laos, selanjutnya pengadaan pesawat dari PT DI untuk angkatan udara Laos, dan juga pengadaan kereta api dari PT Inka untuk PetroTrade Laos Company, ungkap Menlu.

Selain kerjasama di bidang ekonomi, Presiden Jokowi juga menilai penting adanya kerjasama dibidang pemberantasan perdagangan manusia di Kawasan ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga membahas mengenai pentingnya peningkatan kerjasama untuk memberantas perdagangan manusia di kawasan ASEAN.

Kedua pemimpin juga menekankan pentingnya kedua negara untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka memberantas trafficking in persons/ Human Trafficing yang saat ini sedang marak terjadi di negara-negara anggota ASEAN, pungkas Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan persnya usai pertemuan bilateral.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perdagangan Zulfikli Hasan

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Jadi Bagian AMANAH, Pemuda Aceh Mampu Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi

Oleh : Oleh : Teuku Reza  Editor: Ida  Bastian Portalindonews.com – Segenap pemuda Aceh diyakini …