MUI Dukung Pembangunan Asrama Haji Embarkasi Banten

 

Kota Tangerang – Ketua MUI Kota Tangerang mendukung penuh pembangunan asrama haji embarkasi Banten, Hal tersebut terkuak saat rapat koordinasi pengurus harian Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang, Jumat 7 Mai 2021, di ruang rapat MUI Kota Tangerang.

Menurut ketua MUI Kota Tangerang , KH Ghozali Barmawi, bahwa rencana pembangunan asrama haji ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada jemaah haji khususnya jemaah haji Banten. Untuk itu kami sangat mendukung penuh pembangunan asrama haji embarkasi Banten.

Selanjutnya keberadaan asrama haji sangat baik dan ditunggu masyarakat. Asrama haji juga bisa ikut mendongkrak potensi ekonomi masyarakat. Selain itu, asrama haji juga bisa terintegrasi dengan kampung haji, desa kerukunan, kampung zakat, dan lainnya.

“Keberadaan asrama haji manfaatnya besar. Tidak hanya untuk penyelenggaraan haji saja, akan tetapi bisa juga sebagai Islamic center, ” tegasnya.

Melanasir dari beberapa media online.
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan telah menyiapkan tiga lokasi lahan yang akan dijadikan sebagai pembangunan asrama haji yakni Buaran Indah dekat Modernland, Jalan Garuda di dekat Airnav AP II dan kawasan Alam Sutera. “Kita akan segera rumuskan,”

Namun, hingga saat ini, Pemkot masih mengkaji soal calon lokasi asrama haji di Kota Tangerang yang bakal jadi pertama dan satu-satunya di Banten.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya sudah menawarkan beberapa lokasi kepada Kemenag untuk dijadikan tempat asrama haji.

“Awalnya kita ajukan tiga lokasi, modernland, terus ada lahan 18 hektare punya RS Sitanala Kemenkes, juga ada lahan 20 hektare punya Angkasa Pura II di Batusari,” terang Arief, Kamis (22/4/2021).

Namun, untuk RS Sitanala sendiri, Kemenkes rencananya akan membuat Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) khusus narkoba. Sementara, untuk lahan di Batusari, pihak PT Angkasa Pura II belum memberikan tanggapan sampai detik ini.

Sehingga, lanjut Arief, pihaknya condong untuk menjadikan kawasan Kecamatan Cipondoh sebagai calon lokasi asrama haji.

“Akhirnya kita bahas opsi adalah Cipondoh. Kita punya lahan 1,1 hektare, ini kita lagi coba borong kita minta pengembang lahan tambahannya, supaya segera bisa diserahterimakan,” ungkap Arief.

Satu dari beberapa pertimbangan Cipondoh adalah akses yang luas dan dekat dengan perbatasan DKI Jakarta.

“Di Cipondoh itu lebih nyaman karena aksesnya lewat Jalan KH Hasyim Ashari lebih luas,” sambung Arief.

Kendati demikian, lokasi Cipondoh tersebut belum masuk ke tahap akhir atau final lantaran masih pengajuan. Namun, Pemerintah Kota Tangerang mengaku harus bergerak cepat, lantaran bulan Mei harus menyerahkan pengajuan ke Kemenag supaya bisa membangun Asrama Haji.

“Ya, ini belum putus. Yang pasti sekarang Pemkot berupaya supaya asrama haji provinsi Banten dibangun di Kota Tangerang. Karena itu program nasional jadi dari APBN targetnya akhir Mei harus masuk surat terima aset,” pungkas  Arief.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Wujudkan Lingkungan Yang Bersih Dan Sehat, Anggota Koramil 1710-04/Tembagapura Ajak Warga Bersihkan Sampah

PORTALINDONEWS.COM, Timika ~ Upaya menciptakan lingkungan bersih dan rapi, Koramil 1710-04/Tembagapura dipimpin langsung oleh Danramil …