Paguyuban UMKM Karang Tengah Akan Segera Lounching,

 

Kota Tangerang – Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu, kelompok ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi, UMKM artinya memiliki peran penting. Maka dari itu, sudah menjadi keharusan bagi para pelaku untuk melakukan penguatan kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang melibatkan banyak kelompok.

Salah seorang tokoh masyarakat Karang Tengah, H Tabri Setia, berusaha merangkul (mempersatukan) para pedagang kecil yang berada di daerahnya, agar mempunyai lapak untuk berjualan yang layak, seperti pedagang tanaman hias, dan pedagang jajanan kecil lainnya yang berada di sekitar Bundaran Perumahan Metro Karang Tengah. Ia tidak tega melihat banyak pedagang kecil yang jatuh bangun karena tidak punya tempat dan modal yang layak.

Kemudian atas inisiatifnya tersebut, H Tabri memohon ijin agar lahan milik Perumahan Metro (Fasos Fasum) yang diserahkan ke pemerintah melalui camat, untuk digunakan sebagai lapak UMKM se-Karang Tengah.

Ia nenjelaskan bahwa saat ini lahan tersebut dalam tahap pembangunan dan rencananya akan lauching berbarengan dengan HUT Kota Tangerang, 28 Februari 2022 yang akan datang,

Menurut H Tabri bahwa biaya pembagunan akan ditanggung bersama, dan bagi UMKM yang ingin berdagang di lokasi tersebut gratis selama lima tahun, termasuk air, listrik, sampah dan keamanan akan dibayar secara bersama setelah dihitung, dan di bayar gotong royong.

 

 

Mantan Kepala Desa ini juga berharap kepada Pemerintah Kota Tangerang, dalam hal ini Walikota Tangerang agar memperhatikan pelaku UMKM yang ia bentuk, agar mendapatkan Hibah dari Pemda Kota Tangerang.

Camat Karang Tengah, H Malkan Al Masqo, S.Ip, MAP, mengatakan saat di komfirmasi terkait lahan yang dijadikan sentra lapak UMKM di wilayahnya, bahwa ia mensupport pelaku UMKM di wilayahnya yang ingin mempunyai lapak untuk berjualan.
Terlebih ada tokoh masyarakat yang mau dan ingin mengembangkan UMKM di wilayah tersebut.

Menurutnya bahwa untuk mencapai hasil yang baik, sukses dan makmur itu kuncinya adalah saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Papua Bagian NKRI Kunci Wujudkan Cita-Cita Kemerdekaan Bangsa

Oleh : Olivia Hailey  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Tujuan dan cita – cita bangsa …