Papua Youth Creative Hub Dibangun Untuk Kembangkan Talenta Generasi Muda

Portalindonews.com, Jayapura – Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Gedung yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dibangun dalam rangka untuk mengembangkan talenta – talenta generasi muda Papua. Keberadaan PYCH disambut antusias oleh generasi muda di Papua.

Presiden Jokowi mengatakan, masih banyak potensi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di Papua yang belum tergali dan dikembangkan.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi antusiasme pemuda-pemuda Papua menyambut PYCH yang memfasilitas pengembangan kapasitas dan kompetensi banyak bidang seperti peternakan, perikananan, pertanian, industri kreatif, fashion hingga banyak lainnya.

“Kenapa PYCH kita bangun, itu karena kita ingin memberikan kesempatan anak-anak muda yang memiliki kreativitas, inovasi, dan keinginan yang tinggi di berbagai bidang. Apa itu fashion, industri kreatif, apapun itu yang baik sehingga semua memiliki kesempatan. Karena Papua ini opportunity-nya besar sekali,” kata Presiden Jokowi saat peresmian Gedung PYCH.

Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan bahwa saat ini tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden di Papua mencapai 80 persen menjadi angka rata-rata tertinggi secara nasional. Melalui peresmian ini, PYCH akan menjadi Legacy Tinta Emas Presiden di Papua.

“Peresmian PYCH bentuk komitmen Presiden membangun pusat talenta Papua sebagai motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan Papua. PYCH akan menciptaan lapangan pekerjaan pengembangan bisnis dan ekonomi serta seni budaya, dan banyak pengembangan lainnya,” tutur Kapala BIN.

Sementara itu, Elia Musa Rawar, Tokoh Pemuda Papua, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan karena telah membantu anak muda Papua memiliki sarana dan prasarana dalam menunjang fondasi pembangunan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Presiden Jokowi dan kepada Kepala BIN Pak Budi Gunawan atas terlaksananya pembangunan Gedung PYCH ini,” kata Elia.

Hal senada juga disampaikan Tokoh Muda Papua, George Sea memberikan dukungannya kepada Presiden Joko Widodo atas pembangunan PYCH.

“Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam untuk kepedulian Presiden Jokowi dengan membangun Papua Youth Creative Hub,” kata George Sea.

Dalam PYCH ini akan mengajarkan mengenai tekonologi informasi. Mereka dilatih untuk melek internet dan menggunakannya untuk berbisnis dalam skala internasional.

Selain belajar mengenai teknologi informasi, para pemuda kreatif juga diajarkan tentang pengembangan diri, seperti cara berkomunikasi yang baik (menggunakan bahasa Inggris), bagaimana teknik internet marketing, cara mengelola bisnis, dan lain-lain.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Apresiasi Percepatan Pembangunan Pusat Pemerintahan Papua Tengah

Oleh : Debora Yelemaken Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pembangunan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah …