Pembangunan Papua Didukung oleh Rakyat

Oleh : Veronica Lokbere 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Pembangunan Papua didukung penuh oleh rakyat di Bumi Cendrawasih. Mereka berterima kasih kepada pemerintahan Presiden Jokowi karena Papua dibangun terus, terutama infrastrukturnya. Dengan infrastruktur tersebut maka selain memudahkan mobilitas masyarakat, juga menaikkan perekonomian mereka.

Papua adalah daerah timur Indonesia yang semakin maju. Terbukti dengan banyaknya infrastruktur yang dibangun pemerintah. Pembangunan ini dilakukan dengan masif, demi kesejahteraan rakyat. Tujuannya demi pemerataan modernitas di seluruh Indonesia.

Rakyat Papua mendukung terus pembangunan di wilayah mereka. Apalagi pemerintah terus melakukan upaya percepatan pembangunan di seluruh daerah di Bumi Cendrawasih. Kesungguhan tersebut terlihat dari rancangan berbagai regulasi terkait program ini, di antaranya Peraturan Presiden tentang Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otsus Papua (BP3OKP) dan Perpres tentang Rancangan Induk Percepatan Pembangunan Otsus Papua (RIPPP).

Oleh karena itu, untuk menyukseskan program percepatan, selain regulasi diperlukan juga kerja sama dari berbagai pihak, termasuk Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), agar dasar hukum yang telah diterbitkan dapat terimplementasi dengan baik di lapangan.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa percepatan pembangunan Papua, termasuk di Papua Barat, perlu dukungan dari semua pihak secara optimal. Beliau meminta kepada Majelis Rakyat Papua Barat turut mengawal pelaksanaan percepatan pembangunan Papua.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, MRPB sebagai organisasi yang beranggotakan para perwakilan Orang Asli Papua (OAP) yang terdiri dari unsur adat, agama, dan perempuan, diminta untuk konsisten menyosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah yang telah dirancang kepada seluruh lapisan masyarakat.

Pemerintah pusat memberikan kesempatan untuk memperoleh informasi atau aspirasi dari masyarakat selain dari pemerintah daerah, provinsi, maupun dari kabupaten. MRPB sebagai perwakilan rakyat juga wajib untuk terus menyosialisasikan kebijakan-kebijakan afirmatif yang telah dirancang untuk menyejahterakan masyarakat Papua dan Papua Barat.

Alex Doga, tokoh veteran Jayawijaya, Papua, menyampaikan dukungan atas pelaksanaan percepatan pembangunan di Papua. Ia mewakili segenap rakyat di Bumi Cendrawasih, mulai dari pemuda, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat dan kaum perempuan. Mereka terus menyetujui program-program pemerintah, termasuk percepatan pembangunan.

Alex juga berterimakasih atas pembangunan yang ada di Papua. Rasa terimakasihnya ditujukan ke pemerintah daerah Papua, pemerintah pusat, dan segenap pegawai yang melaksanakan pembangunan di Bumi Cendrawasih.

Dalam artian, masyarakat menyetujui percepatan pembangunan di Papua karena hasil dari program ini telah tepampang nyata, yakni kemajuan di berbagai bidang. Mulai dari infrastruktur, kesehatan, sampai pendidikan, semua terus dimajukan oleh pemerintah.

Salah satu cara untuk percepatan pembangunan adalah dengan Otonomi khusus (Otsus). Selama 20 tahun Otsus jilid 1,sudah banyak sekali yang dibangun oleh pemerintah. Mulai dari Jalan Trans Papua, Bandara Internasional Sentani, Jembatan Youtefa, sampai Stadion Papua Bangkit. Pembangunan tak hanya di infrastruktur penunjang mobilitas, tetapi juga fasilitas olahraga. Tujuannya masyarakat Papua makin sehat.

Selain itu, otsus telah memberi beasiswa kepada segenap anak Papua. Sehingga mereka bisa sekolah dari SD sampai SMA, dan perguruan tinggi bagi yang lolos seleksi. Rata-rata mereka kuliah di Jawa dan setelah lulus mengabdi pada Pemprov Papua, sekolahan atau instansi lain, sebagai bentuk balas budi. Juga mencerdaskan anak-anak di Bumi Cendrawasih, sehingga ada regenerasi calon pemimpin.

Beasiswa otsus telah membawa Billy Mambrasar untuk menuntut ilmu dan sekarang ia jadi anggota staf khusus Presiden. Prestasi yang diraih di usia muda membuatnya jadi contoh, bahwa peraih beasiswa otsus juga bisa sukses di ibukota. Dengan catatan, harus rajin belajar dan selalu ingin tahu, serta memiliki attitude yang baik.

Sementara itu,  Ketua Umum MRPB Maxsi Nelson Ahoren menyampaikan aspirasi dan masukan MRPB kepada Wapres terkait upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Adapun aspirasi yang disampaikan meliputi bidang Sumber Daya Manusia, (SDM), anggaran, politik, dan keamananan.

Aspirasi dari Maxsi sebagai perwakilan rakyat Papua diterima dengan baik oleh wapres sebagai wakil pemerintah. Beliau memberi garansi akan keamanan dengan dibangun berbagai Polsek dan Polres, terutama di provinsi-provinsi baru di Papua. Kemudian, untuk peningkatan SDM maka beasiswa Otsus akan terus diberikan, sehingga anak-anak Papua yang berprestasi bisa sekolah dan kuliah tanpa biaya.

Dengan berbagai program percepatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah maka menunjukkan bahwa Papua sangat istimewa. Pemerintah ingin ada pemerataan kemajuan dari Sabang sampai Merauke. Rakyat di Bumi Cendrawasih juga WNI sehingga mereka berhak mendapatkan pembangunan dan modernitas, seperti warga di daerah lain.

Masyarakat Papua mendukung penuh pembangunan di Bumi Cendrawasih. Mereka sadar bahwa pemerintahan Presiden Jokowi sangat mencintai Papua dan membangun berbagai infrastruktur, demi kemajuan bersama. Warga di Bumi Cendrawasih selalu mendukung berbagai program pemerintah, termasuk Otonomi khusus, agar SDM dan SDA di sana makin maju.

Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di Yogyakarta

 

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …