Penanganan Covid-19 di Indonesia Diakui Internasional

Oleh : Dede Sulaiman
Editor : Ida Bastian

Pemerintah Indonesia dipuji oleh dunia internasional karena cepat tanggap dalam menangani pandemi Covid-19 dan efeknya. Pengakuan ini sangat membanggakan karena membuktikan bahwa pemerintah bekerja sangat keras untuk meminimalisir dampak negatif pandemi.
Pandemi sudah kita lewati lebih dari setahun dan selama ini pemerintah bekerja sangat keras untuk mengatasi dampaknya, baik di bidang kesehatan maupun perekonomian. Banyak progam yang dilaksanakan untuk mengatasi corona seperti vaksinasi nasional, program pemulihan ekonomi nasional, pemberian bansos, dll. Sehingga rakyat tertolong dan tidak kena corona maupun efek negatifnya.
Kerja keras pemerintah membuahkan hasil yang manis. Wakil Ketua DPR RI M Azis Syamsuddin, setelah bertemu dengan delegasi Partai Buruh Australia, menyatakan bahwa pemerintah Australia memuji pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. Dalam artian, pemerintah kita telah gigih dalam memerangi virus agar tidak tersebar dan menurunkan jumlah pasien corona.
M Azis melanjutkan, pemerintah Australia saat ini belum memerangi virus ini secara masif. Mereka akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menangani efek pandemi ini. Diharap kerja sama ini akan membuat jumlah pasien Covid baik di Australia maupun di Indonesia menurun drastis.
Apresiasi dari pihak Australia merupakan hal yang positif karena menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia telah bekerja sangat keras untuk memerangi dampak pandemi. Setelah ada vaksin Sinovac maka Presiden Jokowi memesannya pada akhir tahun 2020. Beliau bergerak cepat untuk mengamankan stok vaksin dan memulai program vaksinasi nasional. Beberapa bulan setelahnya terjadi rebutan vaksin antara beberapa negara lain dan kita tidak ikut-ikutan, karena sudah punya persediaan.
Kemudian, pemerintah juga memutuskan untuk membeli vaksin dari pabrik lain seperti AstraZaneca. Juga memesan vaksin dalam bentuk bulk alias bahan baku dan diolah di Indonesia. Keputusan ini diambil agar kita memiliki persediaan vaksin yang memadai. Pasalnya, produksi vaksin masih terbatas sementara jumlah WNI ada lebih dari 220 juta orang.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan bahwa pemerintah Amerika memuji Indonesia, dan kepemimpinan Presiden Jokowi saat penanganan pandemi corona dianggap sangat bisa untuk dicontoh. Selain itu, kebijakan presiden dalam bidang fiskal dan moneter juga diapresiasi.
Banyaknya pujian dari pihak luar negeri membuktikan bahwa kerja keras Presiden Jokowi diakui oleh dunia internasional. Misalnya pada program vaksinasi nasional. Semuanya digratiskan 100% sehingga tidak memberatkan rakyat kecil.
Bandingkan dengan keadaan di Singapura yang vaksinnya harus membayar dengan biaya yang cukup tinggi. Pemerintah paham bahwa saat pandemi, keadaan finansial masyarakat agak oleng, sehingga vaksin digratiskan.
Pemerintah memang terus membuat berbagai strategi untuk menangani dampak pandemi Covid. Penyebabnya karena gara-gara virus sekecil itu, hampir semua sektor jadi berantakan, mulai dari kesehatan, pariwisata, sampai ekonomi. Oleh sebab itu vaksinasi digenjot agar kita bisa dalam keadaan herd immunity secepatnya.
Target dari Kementrian Kesehatan adalah vaksinasi nasional bisa selesai dalam waktu 18 bulan, tetapi Peresiden Jokowi meminta agar kalau bisa dipercepat jadi 12 bulan. Caranya dengan membuka jalur vaksinasi mandiri, dan masih gratis karena biaya ditanggung oleh pihak perusahaan.
Selain itu, pada jalur vaksinasi nasional dilakukan secara massal dengan target 1.500 orang per hari per kota/kabupaten, agar semua sudah diinjeksi. Vaksinasi massal tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.
Ketika penanganan corona di Indonesia dipuji oleh dunia internasional maka kita patut bangga karena pemerintah bergerak cepat dalam mengatasi dampak pandemi. Sebagai WNI yang baik, maka kebanggaan itu diwujudkan dalam terima kasih dan menuruti semua program pemerintah. Tujuannya agar penanganan makin terkendali dan jumlah pasien Covid menurun.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Apresiasi Percepatan Pembangunan Pusat Pemerintahan Papua Tengah

Oleh : Debora Yelemaken Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pembangunan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah …