Papua Youth Creative Hub (PYCH) Rumah Masa Depan Bagi Pemuda Papua

Portalindonews.com – Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2023 merupakan salah satu wadah yang dapat mengembangkan talenta muda Papua.

Gedung PYCH dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif binaan Badan Intelejen Negara (BIN) untuk meingkatkan bakat pemuda Papua di bidang pertanian, peternakan, UMKM, Fashion, dll.

Presiden Joko Widodo meyakini Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan potensi sumber daya alam (SDA). Untuk itu, Presiden Joko Widodo menjadikan Papua sebagai priorotas pembangunan infrastruktur yang bersifat Indonesia sentris.

Deputi IV bidang Ekonomi Badan Intelijen Negara (BIN) Made Kartikajaya mengatakan, Gedung PYCH merupakan wadah binaan BIN untuk bisa mengimplementasikan ide dan gagasan besar bagi kesejahteraan tanah Papua.

“Adanya gedung PYCH ini salah satu bentuk komitmen bapak Presiden bahwa pembangunan Indonesia tidak bersifat jawasentris tapi Indonesia sentris,” Ujar Made Kartikajaya.

“Gedung PYCH ini merupakan gedung pertama yang dibangun di Indonesia yang menjadi bukti bahwa pemerintah sangat memperhatikan Papua. oleh karena itu, BIN tidak akan pernah berhenti untuk mendorong kesejahteraan masyarakat Papua,” lanjutnya.

Pengamat Sosial Universitas Indonesia Devie Rahmawati mengatakan, gedung PYCH dapat dijadikan sebagai tempat belajar dalam membangun talenta dan usaha sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan tidak hanya di tanah Papua tapi di seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Rumah besar dengan center ini akan membantu anak-anak muda saling bertemu, saling berdiskusi, bahkan harapannya kedepan memang ada mentor yang mendampingi mereka sehingga potensi mereka bisa menghasilkan anak-anak muda Papua yang memiliki kemandirian dalam usaha yang bisa dimanfaatkan tidak hanya lokal tapi juga kota-kota lain di Indonesia dan luar negeri,” kata Pengamat Sosial Universitas Indonesia Devie Rahmawati.

Pembangunan gedung PYCH ini tidak hanya sebagai bentuk pemerataan infrastruktur di tanah Papua tapi juga sebagai wadah pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk bisa mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

May Day 2024, Dandim 0507/Bekasi Bersama Prajurit Patroli Monitoring Wilayah Pastikan Kondisi Aman Kondusif

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Kota abekasi – Pada Peringatan Hari Buruh Nasional 1 Mei 2024, Kodim …