Bangun Semangat Bela Negara, Dandim 1709/Yawa Bekali Mahasiswa Wawasan Kebangsaan

 

PORTALINDONEWS.COM, JAKARTA, – Dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yapen Waropen (Yawa) Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H., memberikan pembekalan materi Pendidikan Bela Negara kepada mahasiswa baru Program studi Diploma III Keperawatan Kepulauan Yapen.

Dalam keterangan tertulis Kodim 1709/Yawa, Kamis (22/7/2021), kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian RI Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Politehnik Kesehatan Kemenkes Jayapura ini, merupakan rangkaian dari pengenalan kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diikuti oleh 43 orang mahasiswa baru.

Pada kesempatan ini Dandim menjelaskan tentang Bela Negara yang merupakan sikap dan perilaku warga negara, yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Dalam Bela Negara, terdapat lima nilai dasar yang terkandung di dalamnya, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, menyakini Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara,” terangnya.

Dandim juga menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting bagi mahasiswa baru, agar dapat mengerti tentang sejarah, silsilah dan adat budaya yang ada di negara Indonesia. Sehingga, ke depannya bisa menjaga dan meneruskan serta memelihara nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah atau perjuangan bangsa Indonesia.

“Melalui pembekalan wawasan kebangsaan ini kita berharap agar mahasiswa merasa memiliki dan terpanggil untuk bela negara, serta terbentuk karakter pribadi dirinya untuk mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara melalui keperawatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya. (Dispenad)

About Portalindonews

Check Also

Koramil 1707-04/Kimaam Gencar Berikan PMT Untuk Tambah Dan Tingkatkan Gizi Anak

PORTALINDONEWS.COM, Merauke ~ Babinsa Koramil 1707-04/Kimaam Kodim 1707/Merauke yang dipimpin langsung oleh Sertu Datus Lobya …