Ganjar Pranowo Dukung Kemajuan dan Apresiasi Para Pelaku Industri Kreatif Indonesia

Oleh : Ardani Hara

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Ganjar Pranowo terus memberikan dukungan yang penuh pada kemajuan dan juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para generasi muda di Indonesia, khususnya para pelaku di industri kreatif Indonesia. Menurutnya, memang sangat penting adanya sebuah pusat kreativitas yang mampu disediakan agar semua potensi dan talenta pemuda itu memiliki wadah.

Dalam menghadapi pesta demokrasi dan juga kontestasi politik melalui gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang, yang semakin dekat, tidak bisa dipungkiri bahwa dukungan seluruh masyarakat di Indonesia terhadap calon presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) semakin hari kian mengalami peningkatan yang pesat.

Dukungan tersebut terus datang dari masyarakat di Tanah Air dan berbagai kalangan, termasuk juga dari para pelaku di industri kreatif seperti para penyanyi. Bahkan, dalam menunjukkan bagaimana dukungan yang mereka berikan kepada Ganjar Pranowo tersebut, mereka melakukan cara yang sangat kreatif dan juga memikat hati demi menyuarakan dukungan mereka, yakni dengan melalui kekuatan lagu.

Sejauh ini, kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang sudah terlihat dipenuhi dengan tantangan. Dengan adanya tantangan tersebut, dukungan yang diberikan secara langsung oleh masyarakat kepada para calon pemimpin tentunya menjadi sebuah kunci yang sangat penting untuk bisa semakin mendorong para calon presiden itu menuju keberhasilan dan kemenangan.

Beberapa lagu yang secara khusus didedikasikan sebagai bentuk dukungan kemudian menjadi cara yang bisa dikatakan cukup populer belakangan ini, terlebih di dalam lirik lagu tersebut menyampaikan pesan kekaguman, ada pula harapan hingga keyakinan yang dimiliki oleh masyarakat kepada Ganjar Pranowo.

Salah satu contohnya adalah terdapat dalam sebuah dukungan yang sangat menarik perhatian, yakni datang dari salah seorang pekerja di industri kreatif, yakni seorang penyanyi bernama Icha Christy yang telah mengubah lirik lagu hits miliknya berjudul Sandaran Jiwa menjadi bentuk dukungan yang memang secara khusus disampaikan kepada sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itu.

Icha Christy mengaku bahwa dirinya merasa sangat beruntung lantaran bisa secara langsung menyanyikan lagunya di hadapan Ganjar Pranowo untuk menyampaikan dukungannya. Terlebih, dirinya juga merasa sangat senang lantaran ternyata lagu yang diubahnya itu mendapatkan respon yang sangat positif dari calon pemimpin dukungannya.

Pria yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut menyatakan bahwa lagu yang dinyanyikan oleh Icha Christy merupakan sebuah lagu yang bagus.

Pada beberapa tahun terakhir ini, sosok Ganjar Pranowo memang telah mendapatkan banyak sekali dukungan dari berbagai macam kalangan masyarakat Tanah Air, termasuk kalangan seniman dan juga kelompok advokat.

Di kesempatan yang lain, sejumlah artis dan juga para influencer sempat mendapatkan kesempatan emas, yakni melakukan dialog secara langsung yang dilakukan dengan pemimpin masa depan Indonesia tersebut di sela-sela peluncuran Greyman di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kedatangannya di sana cukup mengejutkan para publik figur dan juga masyarakat yang berada di tengah agenda car free day (CFD) pada waktu itu. Bukan hanya sekedar datang dan berkunjung saja, Ganjar Pranowo juga sempat menanyakan beberapa hal, seperti diantaranya adalah apa saja hal yang diinginkan oleh para anak muda di jaman sekarang.

Dialog terbuka yang dilakukan oleh para influencer bersama dengan kader PDI Perjuangan itu juga membahas mengenai perkembangan industri kreatif yang terjadi belakangan ini, yang mana memang sektor tersebut terus ditekuni oleh para generasi muda penerus bangsa dalam mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki, sekaligus juga mampu terus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah seorang aktor muda bernama Arbani Yasiz yang menjelaskan kepada Ganjar Pranowo bahwa memang kaum muda pada jaman ini bukan hanya semata-mata tertarik pada pekerjaan di industri kreatif saja, melainkan juga mereka sangat tertarik untuk bekerja di sebuah start up, termasuk juga clothing line, bisnis angkringan, tempat nongkrong, tempat ngopi hingga kafe kecil.

Hal tersebut dikarenakan memang para influencer pun banyak yang memiliki bisnis sampingan di luar pekerjaan atau profesi yang mereka geluti di industri kreatif tersebut. Sejauh ini, terdapat sebuah kendala yang masih dimiliki dan dialami oleh para pelaku industri kreatif, khususnya di dunia perfilman, yang mana hal itu berkaitan dengan sistematika produksi dalam waktu yang singkat. Menjawab seluruh keluh kesah tersebut, kemudian Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa memang harus ada sebuah pusat kreativitas yang mampu disediakan untuk bisa menjadi wadah bagi para anak muda mengekspresikan ide mereka.

Gagasan yang dikemukakan oleh Ganjar Pranowo itu tentunya menjadi sebuah bukti nyata bahwa dirinya merupakan sosok pemimpin yang terus mendukung kemajuan dan juga memiliki apresiasi yang begitu tinggi kepada para pemuda, khususnya para pelaku di industri kreatif.

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Jakarta

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Karya Bakti, Personil Koramil Pulogadung Bersihkan Makam dan Masjid Pangeran Jayakarta 

Portalindonews.com,  Kodim 0505/Jakarta timur – Karya bakti Babinsa Koramil 04/Pulogadung bersama Mitra Jaya dan Warga …