Ganjar Pranowo Mendapat Dukungan Masyarakat Banten

Oleh : Realisa Putri 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Ganjar Pranowo telah mendapatkan dukungan secara langsung oleh seluruh elemen masyarakat, utamanya adalah para buruh di Provinsi Banten. Tentunya dukungan yang diberikan itu bukan tanpa alasan, lantaran sosoknya dinilai sebagai pemimpin Tanah Air yang sangat dekat dengan rakyat.

Calon Presiden (Capres) tahun 2024 yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo terus mendapatkan dukungan bahkan dari berbagai kalangan, termasuk dari kalangan buruh di Banten. Mereka bahkan dengan sangat maksimal terus memberikan dukungan tersebut, hingga membuat konsolidasi buruh di berbagai perusahaan di wilayah tersebut.

Diketahui bahwa Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bersama dengan Serikat Pekerja Nasional (SPN) mengadakan acara pembentukan struktur pemenangan untuk Ganjar Pranowo yang bertempat di Resto Remaja Kuring, Jatiuwung, Kota Tangerang pada hari Selasa, tanggal 30 Mei 2023 lalu. Pembentukan struktur pemenangan pada tingkat perusahaan itu akan menggarap kantong-kantong suara buruh, baik itu di perusahaan ataupun pad keluarga mereka masing-masing.

Dalam acara tersebut, Pimpinan Serikat Pekerja (PSP-SPN) dari sebanyak 38 perusahaan kemudian membacakan sebuah ikrar dan juga kesiapan mereka mengenai pembentukan pemenangan bagi Capres Ganjar Pranowo di perusahaan mereka masing-masing.

Pada pidatonya, Ketua Umum GBB, Lukman Hakim menyatakan bahwa adanya pembentukan struktur pemenangan di tingkat pabrik tersebut bertujuan untuk bisa memastikan suara kaum buruh agar bisa benar-benar terus maksimal untuk mendukung kemenangan dari calon presiden yang diajukan oleh Megawati Soekarnoputri tersebut.

Untuk bisa menentukan siapa pemimpin bangsa ini ke depannya, memang kini sudah saatnya bagi para buruh bisa menentukan pilihan mereka sendiri. Sebagai informasi, bahwa terdapat sebanyak 55 juta jiwa buruh formal dan juga sebanyak 80,2 juta buruh informal. Sehingga total dukungan dari para buruh tersebut adalah sebanyak 140 juta orang atau sekitar 70% (persen) dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tahun 2024 yang berjumlah 205 juta orang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PSP SPN PT Ching Luh Indonesia, Asep S menyampaikan kesiapan mereka untuk membangun struktur pemenangan Ganjar Pranowo di perusahaannya, yang mana perusahaan produsen sepatu itu memiliki lebih dari 10.000 (ribu) karyawan.

Adanya dukungan yang diberikan oleh perusahaan tersebut tentunya tidak datang begitu saja, pasalnya memang PT Ching Luh sendiri sama sekali sudah tidak asing dengan sosok kader PDIP tersebut.

Memang sosoknya sama sekali tidak asing dengan para buruh dan juga rakyat di akar rumput, bahkan Ganjar Pranowo sendiri dinilai sebagai Capres yang paling dekat dengan rakyat. Maka dari itu Konfederasi serikat buruh dengan lantang menyatakan bahwa pihaknya akan benar-benar secara sepenuhnya mendukung terus calon pemimpin dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu.

Terkait dengan dukungan penuh tersebut, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nana Wea menyatakan bahwa sebagian besar dari konfederasi buruh di Tanah Air memang memberikan dukungan mereka. Beberapa alasan kuat kemudian dikemukakan oleh konfederasi buruh tersebut mengenai mengapa mereka mendukung sosok Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut.

Alasan tersebut diantaranya adalah Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang sampai saat ini berani menemui buruh secara langsung dan juga langsung mendengarkan seluruh aspirasi yang dikemukakan oleh para buruh, bahkan bukan di dalam ruangan, melainkan langsung turun ke jalan. Sehingga pemimpin demikian yang sebenarnya memang sangat dibutuhkan oleh Indonesia di masa depan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto menegaskan bahwa dengan adanya pembentukan struktur di tingkat perusahaan tersebut jelas akan mampu untuk memberikan kontribusi nyata dan juga secara signifikan pada pemenangan Ganjar Pranowo pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ganjar sebelumnya juga telah melakukan sebuah kunjungan kerja dan safari politik ke Provinsi Banten pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 28 Mei 2023 lalu. Menurut Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Banten, Ade Sumardi bahwa kehadiran Ganjar untuk melakukan konsolidasi partai dan juga melakukan beberapa pertemuan dengan sejumlah tokoh di sana.

Pada kunjungan tersebut, Ganjar menyapa sekitar 2.500 kader dan juga simpatisan dari PDIP di Kantor DPD PDIP Banten di Serang. Kunjungan itu disambut dengan pengurus hingga kader PDIP lainnya di Banten, yang mana mereka merasa bahwa para kader di Banten memang sangat membutuhkan berbagai pandangan dari Capres itu.

Dukungan terus mengalir bahkan dari berbagai elemen masyarakat di seluruh wilayah di Tanah Air untuk nama Capres Ganjar Pranowo demi bisa mengawal kemenangannya pada kontestasi politik dan pesta demokrasi di Pemilu 2024, termasuk juga dukungan dari buruh yang menilai bahwa sosok Ganjar sebagai pemimpin yang sangat dekat dengan rakyat.

 Penulis adalah kontributor Jendela Baca Institute

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Pastikan Harga Sembako Stabil, Babinsa Serma Wakdinator Samabangi Pasar di Wilayah

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Untuk memastikan siatuasi keamanan pasar dan juga monitoring harga …