MUI Kota Tangerang Akan Gelar Seleksi Beasiswa Sarjana Kader Ulama

Kota Tangerang, Portalindonews.com – Dalam rangka penguatan moderasi beragama di kalangan masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang akan menggelar seleksi calon penerima beasiswa S1 bidang Hukum Islam bagi kader ulama di Kota Tangerang, pada Ahad, 04 Juni 2023, di Gedung MUI Kota Tangerang.

Ketua Umum MUI Kota Tangerang, KH. Ahmad Baijuri Khotib MA dalam wawancara via online menyampaikan, bahwa dengan adanya program pendidikan kader ulama berbasis sarjana diharapkan dapat merekrut calon-calon sarjana yang siap berdaya saing di tengah arus globalisasi, di mana berdakwah harus menyesuaikan metodenya dengan perkembangan problematika zaman.

“Dari masjid, dari pesantren, kita akan mengkader setidaknya 40 orang untuk menjadi garda terdepan moderasi beragama” ujar Kyai yang sering disapa Gus Bay ini.

Ia menambahkan bahwa beasiswa ini adalah hasil kerjasama antar Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dewan Masjid Indonesia Kota Tangerang dan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang, serta Pemerintah Daerah Kota Tangerang.

Sementara Direktur Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Kader Ulama (LP2KU) MUI Kota Tangerang, KH. Ade Muzaini Aziz, Lc., MA. menyampaikan bahwa hasil seleksi pada fase pertama terdapat 80 pendaftar, kemudian pada fase kedua (pemberkasan) terseleksi sebanyak 50 orang peserta. Nantinya yang akan mendapat beasiswa full program ini sebanyak 40 orang, sedangkan sisanya akan mendapat beasiswa 50% pembiayaan.

“Kami akan seleksi dengan ketat, mereka (calon penerima beasiswa) akan diuji antara lain wawasan kebangsaannya, kemampuan bahasa Arabnya dan pemahaman teks kitab klasiknya,” tambah Gus Zein, sapaan KH. A. Muzaini Aziz.

Sebab itu, ia berharap para peserta dapat mengikuti ujian seleksi ini dengan suka cita dan penuh bahagia serta semangat untuk bersaing sehat mengembangkan potensi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang. Nantinya peserta pendidikan kader ulama akan tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam, dan meraih gelar Sarjana Hukum (S.H) di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang.

Lebih jauh, mahasiswa kader ulama ini juga akan menjadi duta-duta BAZNAS, DMI dan MUI di lingkup Kota Tangerang yang akan turut serta mensukseskan program kerja lembaga-lembaga tersebut, punkas Gus Zein.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Hari Kesaktian Pancasila, Dandim 1702/JWY Ajak Masyarakat Papua Pegunungan Amalkan Pancasila

PORTALINDONEWS.COM, Wamena – Dandim 1702/JWY Letkol Cpn Athenius Murip, S.H., M.H., menghadiri Upacara¬† Peringatan Hari …