Dandim 1709/Yawa Resmi Lepas Karnaval Budaya Nusantara Di Yapen

PORTALINDONEWS.COM, Yapen ~ Dalam rangka semarak HUT kemerdekan RI Ke-78 dan hari lahir Panjawi (paguyuban antar keluarga Jawa di Serui) ke-40, Komandan Kodim 1709/Yawa secara resmi melepas kegiatan Karnaval Budaya Nusantara yang digelar di Alun-alun Trikora Serui, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Panjawi bersama Kodim 1709/Yawa serta Pemkab Yapen tersebut diikuti oleh sebanyak 23 peserta budaya nusantara, juga didukung oleh seluruh personel Kodim 1709/Yawa yang berbaur bersama masyarakat dengan berpakaian adat dari daerahnya masing-masing, dengan berjalan mengelilingi sekitaran Kota Serui.

Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.I.P, M.I.P, yang turut didampingi oleh Forkopimda dan Ketua Panjawi mengatakan bahwa melalui momentum kegiatan Karnaval Budaya Nusantara, marilah bergandengan tangan untuk terus menjalin dan menjaga keharmonisan, serta toleransi dan kerukunan antar umat beragama dan segala perbedaan adat dan budaya yang ada diwilayah.

“Sebab bila kita seluruhnya bersama dan bersatu padu, maka kita akan mampu, kuat dan kokoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Yapen yang kita cintai dan banggakan ini, agar mampu menjadi wilayah yang maju, aman, nyaman dan sejahtera,” ujar Dandim 1709/Yawa.

Dengan adanya kegiatan Karnaval Budaya Nusantara dapat memelihara, menjaga dan memperkenalkan keragaman budaya serta adat istiadat yang ada di Indonesia kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda, sehingga tak hilang dan terkikis oleh kemajuan zaman dan perkembangan tekhnologi yang saat ini makin berkembang pesat dikalangan masyarakat.

“Untuk itulah, pada kegiatan Karnaval Budaya Nusantara Tahun 2023 di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen secara resmi dimulai,” ucap Dandim 1709/Yawa sembari mengangkat bendera digaris start.

Turut hadir dalam kegiatan yaitu Erny Renny Tania, S.IP Sekda Yapen, Roy Nasrullah Anggota DPRD Yapen, H. Heri Setiawan, S.E Ketua Umum Panjawi Yapen, Dr. Karsudi, SP, M.Si Kepala UPPD Samsat Yapen, para Pimpinan OPD Pemkab Yapen, para Tokoh Agama, tokoh adat dan tokoh pemuda, serta seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Papua Bagian NKRI Kunci Wujudkan Cita-Cita Kemerdekaan Bangsa

Oleh : Olivia Hailey  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Tujuan dan cita – cita bangsa …